-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Manusia Kayu atau Scleroderma

Manusia Kayu atau Scleroderma - Naon Wae Lah InfoManusia Kayu - Manusia Kayu adalah sebutan kepada seseorang yang menderita penyakit kulit yang mengeras seperti kayu sehingga terasa kebal dan tidak merasakan sakit. Penyakit ini disebut Scleroderma. 

Manusia Kayu atau Scleroderma

Scleroderma adalah penyakit yang langka menyerang pertahanan tubuh. Terbagi dua jenis Scleroderma yaitu Scleroderma systemic yang dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh seperti kulit,pembuluh darah dan organ bagian dalam lainnya yang sering disebut systemic sclerosis. Yang kedua Jenis localized hanya mempengaruhi kulit tetapi tidak mempengaruhi harapan hidup seseorang. Scleroderma systemic menyebabkan fibrosis yaitu perusakan jaringan,terbentuk dikulit maupun organ-organ bagian dalam lainnya. Fibrosis akan mengubah kulit atau organ lainnya mengeras. Sampai saat ini belum ada obat maupun perawatan yang telah terbukti menyembuhkan Scleroderma. Dan gejala pasien berbeda-beda satu sama lainnya.

Tohari si Manusia Kayu
Tohari yang tinggal di Nganjuk Jawa Timur ini mendapat sebutan Manusia kayu. Sebutan ini ditujukan pada dirinyya karena Tohari menderita penyakit langka yaitu Scleroderma. Ini membuat kulit Tohari mengeras seperti kayu. Kondisi ini membuat tingkat kekerasan kulit Tohari berbeda dengan orang normal. Kulit lengannya sangat kaku, bahu dan punggungnya mengeras hingga tidak ada yang bisa mencubitnya.
Muniroh si Manusia Kayu
Selain Tohari, di Magelang Jawa Tengah ada seorang perempuan yang menderita penyakit yang sama dia adalah Muniroh.  Ibu dua anak ini sudah tidak bisa beraktifitas seperti berjongkok ataupun menekuk tubuhnya. Bahkan untuk melakukan semua aktifitas ini Muniroh harus dibantu oleh orang-orang disekitarnya. Penyakit langka ini biasanya menyerang perempuan berusia 30 hingga 50 tahun.Penyakit ini dapat menyerang 30 per 100.000 orang dalam setiap tahunnya.

Manusia Kayu atau Scleroderma, demikan sekilas tentang Penyakit Langka Scleroderma dan Naon Wae Lah membaginya untuk anda.
Happy Blogging.
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment