fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Kode Etik dan Panca Bhakti RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) - Tak ada gading yang tak retak kecuali gading marten....toh aspal beton saja bisa retak. Intinya...tak ada niat sedikitpun untuk menggurui..hanya sekedar berbagi karena tak didarat, dilaut, diudara, kita dalam menjalani hidup perlu beretika. Kode Etik Rapi adalah satu pola atau tatanan hidup keanggotaan Rapi. Kode Etik dan Panca Bhakti RAPI adalah roh atau jiwa RAPI.


Kode Etik dan Panca Bhakti RAPI


Roh RAPI dari Kode Etik RAPI dan Panca Bhakti RAPI ini adalah terus mengibarkan panji-panji kemanusian, anggota RAPI harus tetap eksis bantu-membantu dengan masyarakat hingga kiprah RAPI bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini. Artinya RAPI dengan kode etik dan panca bhaktinya harus mampu menjadi kumpulan orang-orang yang santun dan berbudaya dalam segala hal.

Kalau di darat, dalam kehidupan sehari-hari kita tak perlu memerlukan KODE untuk beretika ataupun melakukan percakapan. Sementara diudara ataupun di radio terutama radio yang bernaung di bawah organisasi bernama RAPI, kita diperkenalkan pada KODE ETIK, etika berkomunikasi.

Apa itu RAPI ?

Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) adalah sebuah organisasi sosial kemasyarakatan dibidang komunikasi di Indonesia yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi. RAPI ini sama fungsinya seperti Facebook, Twitter  dan social network lainnya, yang membedakannya hanyalah RAPI itu menggunakan media radio voice (suara) untuk berkomunikasi.

Kode Etik Rapi dapat diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. Kode Etik juga dapat diartikan sebagai pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional.

Kode Etik RAPI merupakan panduan dan tuntunan bathin bagi setiap anggota Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia dalam bersikap dan berprilaku, yang wajib ditaati dan dilaksanakan.

Kode Etik RAPI
a.     Anggota RAPI harus berjiwa dan bersikap PATUH
b.     Anggota RAPI harus berjiwa dan bersikap JUJUR
c.     Anggota RAPI harus berjiwa  dan bersikap SANTUN
d.     Anggota RAPI harus berjiwa dan bersikap TANGGUNG JAWAB
e.     Anggota RAPI harus berjiwa dan bersikap TANGGAP

Panca Bhakti
  1. Seorang anggota RAPI harus rendah hati
  2. Seorang anggota RAPI harus enerjik
  3. Seorang anggota RAPI harus peka dan tanggap terhadap Aspek Sosial Kemasyarakatan
  4. Seorang anggota RAPI harus mempunyai daya juang yang menonjol pada Bangsa dan Negara Republik Indonesia
  5. Seorang anggota RAPI harus berjiwa Gotong Royong
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Posting Komentar