-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu - Alinco satu brand ternama yang ikut meramaikan pasar radio di Indonesia baik itu dari jenis Handy Talky maupun jenis RIG-nya. Di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan radio Alinco ini termasuk saya. Pilihan jatuh pada RIG Alinco DR-135 karena radio ini cukup handal dengan kemampuan runing power yang cukup besar dikelasnya yaitu 50W pada catu daya 13.8V.

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu

Alkisah dimulai dari tadi sore, jenuh ditempat kerja pindah keruangan "ngebrik", teriak-teriak diradio tapi tak ada satupun rekan yang menyambut teriakan saya meski TX sempurna. Usut punya usut ternyata radio RIG ALinco DR-135 saya bisu alias tak bisa mengeluarkan suara.

Baca Juga:
- Alinco DR-135 Service Manual
- Cara setting Alinco DR-135

Jika sahabat Er'end Net punya kasus yang sama dengan kisah tadi maka sobat tak usah panik, karena siapa tahu cuma "sakit ringan" saja. Coba sobat ukur kabel mic-nya dulu satu persatu, atau siapa tahu solderan di papan pcb mic ada yang putus.

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu

Masalah kabel Mic teratasi tapi penyakit masih tetap seperti semula ?!
Ambil radio satunya sebagai alat monitor tetapkan frekwensi radio disalah-satu frekwensi kosong agar tak menggangu komunikasi rekan kita. Kalau kabel Mic masih orisinil bawaan pabrik maka kita tinggal tentukan warna kabel untuk mic input perangkat kita, kabel tsb. berwarna kuning. Dalam pesawat keadaan transmit tekan-tekan ujung kabel pakai ujung pinset atau ujung obeng, bila ada bunyi "dut" di radio monitor berarti kabel bagus.

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu

Cek kondenser Mic dengan mencopotnya, ukur pakai avometer jika ternyata masih bagus, langkah selanjutnya kita eksekusi rangkain preamp mic pada Ic 1 yang ada pada papan pcb mic (penampakan seperti gambar dibawah ini). Ukur voltase yang mensuply ic, jika normal berarti IC tsb. bermasalah, cabut dan ganti dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu

Demikian mudahnya Cara Memperbaiki Radio RIG Alinco DR-135 Yang Bisu. Masalah selesai, tutup ulang extra mic dan silahkan test dengan suara sobat. Selamat ngebrik !
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment