-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Membuat Dummy Load Sederhana - Hombrew ini dipacu kala kebutuhan mendesak akan Dummy Load  sementara kita berada nun jauh dari peradabaan kota. Jangankan R Flange 50 Ohm, resistor karbon-pun kadang gak ada, terpaksa dech pakai yang ada...resistor nikelin. Meskipun judulnya seperti cap warung nasi...sederhana, tapi yakin bahwa Dummy Load yang akan kita buat ini kualitasnya tak kalah dari buatan pabrik....heuheuy dech maunya.
Membuat Dummy Load Sederhana


Diatas adalah gambar Dummy Load Motorola 58D09575U kepunyaan tetangga sebelah yang pelit untuk dipinjamkan :P. Dummy Load atau dengan kata lain beban tiruan sangat diperlukan dikala kita mau merakit antena radio komunikasi, tuning radio transmiter ataupun memperbaiki RF boster. Hanya Dummy Load yang akan kita buat ini punya kapasitas daya cuma 40 Watt saja, ini karena bahan yang kita punya cuma resistor karbon 1K/2W sebanyak 20 buah.

Cara perhitungan untuk mendapatkan 50 Ohm adalah sebagai berikut. Resistor 1K = 1000 Ohm. 1000 dibagi 20 buah maka dia akan punya nilai 50 Ohm. Ini karena Resistor yang kita rangkai memakai sistem paralel. Lihat Skema Dummy Load dibawah. Sedangkan 40 Watt adalah hasil dari jumlah resistor yang kita gunakan dikali 2 (2Watt).

Skema Dummy Load Sederhana

Membuat Dummy Load Sederhana

Bahan Resistor Karbon/Nikelin

Membuat Dummy Load Sederhana

Hasil Pengukuran dengan Avometer

Membuat Dummy Load Sederhana

Hasil Perangkitan 1

Membuat Dummy Load Sederhana

Bisa juga hasil perakitan seperti gambar dibawah ini

Membuat Dummy Load Sederhana

Dummy Load untuk perangkat radio komunikasi umumnya memiliki nilai 50 ohm dan diupayakan resistif murni sehingga benar-benar tak ada daya yang terbuang saat dipancarkan. Demikian Cara Membuat Dummy Load sederhana, semoga bisa bermanfaat.

Selamat berkreasi...cintai dan nikmati produksi dalam negeri !

Happy Blogging !
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment