-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Saraba Atau Sereba, Mana Yang Lebih Menghangatkan - Wisata Kuliner Sereba - Untuk urusan minuman menghangatkan juga menggiurkan ini mungkin Bunda Yoda-lah maituanya Bpk. Mukhalikin salah seorang penyiar senior RRI Serui yang bisa menjelaskan juga memberi resep Cara Membuat Minuman Wedang Saraba ini.

Saraba Atau Sereba, Mana Yang Lebih Menghangatkan

Saraba yang ngetop di Serui karena minuman hangat ini suport untuk diminum pada segala jenis keadaan cuaca adalah minuman Khas Makasar. Sedangkan Sereba adalah minuman Khas daerah Alor, Nusa Tenggara Timur. Sereba telah lama dikonsumsi masyarakat Alor yang tinggal di daerah pegunungan. Keunikan Sereba ini adalah bahan dasarnya dari jagung semata dan air matang.

Sereba tentu berbeda dengan Saraba dari Makasar walau namanya hampir mirip. Proses pembuatan Sereba terbilang unik juga bila dibandingkan dengan minuman-minuman hangat lainnya di negara Indonesia ini. Dalam membuat Sereba, jagung terlebih dahulu dibakar secara merata hingga hangus dan berwarna hitam.

Setelah proses pembakaran diperkirakan matang yang merata, jagung dimasukan kedalam air panas yang mendidih. Jagung kemudian diaduk bersama air panas, hal ini bertujuan agar saripati jagung dapat larut dan menyatu bersama air.

Lalu bila di Serui cuaca lagi dingin begini, manakah yang lebih bisa menghangatkan...
Sereba ataukah Saraba ?
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar