-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Pulau Terpadat di Dunia

Bungin Pulau Terpadat di Dunia - Nusa Tenggara Barat tepatnya Pulau Sumbawa mempunyai wilayah perairan yang sangat luas. Tapi uniknya di salah-satu peraiaran pulau ini justru terdapat sebuah pulau yang mendapat julukan sebagai Pulau Terpadat di Dunia yakni Pulau Bungin.

Pulau Terpadat di Dunia

Pulau Bungin terletak di Kec.Alas Kab.Sumbawa, pulau ini hanya mempunyai luas 8,5 Hektar tapi dihuni penduduk sebanyak 3400 jiwa. Ini artinya setiap 100 meter persegi ditanah di Pulau Bungin rata-rata dihuni oleh 4 orang. Di Bungin tak ada garis pantai dan juga tak ada lahan hijau, seluruh daratan dipenuhi rumah-rumah penduduk yang jaraknya begitu rapat.

Masyarakat Pulau Bungin memiliki ikatan yang sangat kuat dengan tanah kelahirannya. Mereka lebih memilih untuk tinggal dan menikah di Pulau Bungin dibandingkan harus merantau dan berpindah ke tempat lain. Inilah yang kemudian membuat Pulau Bungin semakin padat.

Namun masyarakat Bungin mempunyai cara sendiri agar dapat terus menampung pertambahan jumlah penduduknya, yakni menimbun laut dengan batu karang. Timbunan batu karang ini dalam bahasa lokal disebut Talasa. Setiap anak muda Bungin yang ingin menikah diwajibkan untuk menimbun batu karang, disisi luar pulau sebagai pondasi bagi rumah panggung mereka.

Tak heran bila luas Pulau Bungin dari tahun ke tahun semakin bertambah. Setiap tahun rata-rata 10 rumah baru bertambah di pulau Bungin. Mayoritas penduduk pulau Bungin adalah keturunan Suku Bajo dari Sulawesi. Seperti layaknya Suku Bajo, warga Pulau Bungin sebagian besar berpencaharian sebagai nelayan.

Sumber Materi dan Gambar :
Google
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment