-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Carrier Operated Switch (COS) Dan Carrier Operated Relay (COR) - COR atau COS adalah dua istilah yang tak kan terpisahkan dalam pembangunan sebuah repeater, dimana sebuah COR akan selalu membutuhkan COS. Begitu juga sebaliknya. COS akan memberi denyut kehidupan bagi COR. COR dan COS adalah sepasang sejoli pada sebuah repeater.

Carrier Operated Switch (COS) Dan Carrier Operated Relay (COR)

Didalam Gambaran Sederhana Repeater telah sedikit kita singgung mengenai fungsi COR dan adanya sebuah COS. Carrier Operated Relay (COR) dan Carrier Operated Switch (COS) ini adalah sejoli repeater yang menyebabkan repeater dapat menyampaikan transmisi sebagai respon terhadap sinyal yang diterima.

Carrier Operated Switch (COS)
Ketika kita membangun sebuah repeater atau pancar ulang sendiri yang dicari adalah kepuasaan, apalagi bila yang kita bangun itu digunakan dan bermanfaat bagi khalayak  ramai dengan biaya yang bisa kita tekan dengan kualitas menyerupai/menyamai repeater branded.

Pada dasarnya semua radio jenis brik-brikan bisa dipergunakan untuk repeater, tidak melulu harus Motorola. Yang penting radio tsb.mempunyai jalur COS.Nach mencari jalur COS ini memang perlu keahlian khusus atau minimal ilmu dasar elektronika. Kenapa kita harus mencari jalur COS ? Karena rangkaian COR akan bekerja bila ada signal dari COS. Kenapa juga harus dari COS gak ngambil dari FOX saja ? Signal COS lebih stabil dibanding FOX.

Telah kita ketahui bahwa jalur COS pada radio akan menjadi penggerak COR. Jalur/signal COS diambil dari radio penerima (rx). Jalur COS pada RX adalah bagian yang menggerakan lampu indikator signal. Sering dalam satu komunikasi kita memberikan report signal pada lawan bicara kita. Nach jalur inilah yang mesti kita cari untuk menggerakan COR.

Pada saat sebuah radio mendapatkan signal, jalur COS ini akan terjadi perubahan level tegangan. Bisa dari Nol (0) ke 5 Volt atau sebaliknya (bisa saja lebih besar/kurang dari itu, tergantung radio yang kita gunakan). Kita asumsikan saja bahwa Nol (0) Volt adalah logika 0 atau Low dan 5 Volt adalah Logika 1 atau High.

Ok kita contohkan jalur COS pada radio HT Kenwood TH-K20A saya mengambil jalur COS-nya dari lampu signal hijau (saat radio menerima signal). Led Hijau akan menyala ketika menerima signal, dan lampu hijau mati bila dalam keadaan stanby.

Carrier Operated Switch (COS) Dan Carrier Operated Relay (COR)

Next >>> 
Carrier Operated Relay (COR)
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment