fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Membuat Sendiri Radio Pancar Ulang - Jiwa RAPI adalah jiwa-jiwa experiment, dimana selalu ada rasa penasaran ketika sesuatu bersemayam dibenak apalagi bila benak itu dikerubuti dengan  segudang pertanyaan...., apakah itu Radio Pancar Ulang atau RPU atau juga Repeater ?

Membuat Sendiri Radio Pancar Ulang

Bahasan mengenai Repeater atau Radio Pancar Ulang para senior radio komunikasi banyak berseliweran di Google, kita sebagai seorang jiwa experiment tinggal rajin membaca dan membuka google lalu mempraktekannya. Karena kita seorang RAPI yang berdiam diri pada jalur frekwensi VHF maka yang akan kita kupas (membuat dan membangun) adalah RPU VHF. Apa itu RPU dan apa tujuannya dibangun RPU ?

Radio Pancar Ulang atau Repeater dengan bahasan sederhana adalah radio yang diterima lalu dipancarulangkan dengan radio, tentu tujuan membangun RPU adalah mefasilitasi komunikasi untuk memperluas jangkauan melalui radio. Kenapa demikian, seperti yang kita tahu bahwa daya jelajah radio vhf terbatas bisa kerena alasan skip area yakni terhalang gunung juga bila diarea perkotaaan adalah banyaknya gedung-gedung bertingkat.

RPU dibuat bisa dengan radio HT bisa juga dengan radio RIG. Kebetulan yang saya punya adalah radio RIG dengan merek Icom IC-2300H dengan Yaesu FT 1900. Saya hanya perlu antena, controller repeater dan cavity filter (duplexer). Sperti bahasan diatas bahwa jiwa seorang RAPI adalah jiwa experiment maka bahan-bahan tadi akan kita buat sendiri dengan membuka dan membaca google.

Next >> Mengenal Lebih Dekat Dengan RPU
Related Posts

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment