-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengenal Lebih Dekat Dengan RPU - Sebenarnya banyak repeater yang sudah jadi dengan merk tersohor juga kualitas mumpuni seperti produk Motorola. Tapi mungkin jiwa exxperiment kita lepas disana karena kita hanya kebagian setting antena saja. Atas rasa itu maka kita sebagai jiwa RAPI sekaligus jiwa radio maka eksperimentlah yang kita tempuh. Buat apa membeli bila mampu Membuat Sendiri Radio Pancar Ulang.

Mengenal Lebih Dekat Dengan RPU

Sekilas tentang Repeater
Repetater atau RPU adalah suatu perangkat yang diciptakan untuk digunakan mengatur keluar masuknya transmisi yang melalui proses dengan cara menerima informasi dari stasiun pengirim sekaligus mengirimkan kembali ke stasiun penerima. Fungsi dan guna repeater adalah sebagai penguat signal dengan kata lain menambah jangkauan signal yang semua terbatas hingga bisa mencapai jarak yang kita inginkan. Karena tujuan tsb.maka repeater biasanya disemayamkan pada daerah tinggi, perbukitan atau menara.

Dasar Sistem Repeater
Banyak diantara para pekerja proyek, petugas lapangan diarea terpencil menggunakan radio HT sebagai alat kominikasinya. Bila kita geber terus menerus dalam posisi power hight maka HT tersebut batrenya cepat low, hal ini tidak efektif untuk daerah terpencil yang nyata-nyata susah listrik untuk mengecs batre. Guna keperluan tsb juga pertimbangan itu maka dibangunlah repeater atau Radio Pancar Ulang, agar para pekerja tsb.bisa menggunakan HT-nya pada runing power Low tapi dengan daya jelajah yang lebih jauh.

Berikut adalah Blok Diagram Repeater :

Mengenal Lebih Dekat Dengan RPU

Pada umumnya kita mengenal dua jenis Repeater, yakni Cross Band Repeater (XBR) dan Same Band Repeater. Kedua jenis Repeater ini mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing. Insya Allah kedua jenis Repeater ini akan kita bahas pada postingan selanjutnya.
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment