-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Antena Repeater Blog Rapi Serui - Satu element penting dari pembangunan sebuah repeater atau RPUadalah Antena. Pada postingan yang lalu telah kita kupas sekilas tentang Catu Daya Repeater yang dipunya Blog Rapi Serui. Otomatis bila sobat punya keinginan serupa yakni membuat repeater maka sobat harus mempunyai catu daya atau power supply yang bagus yang bisa menjamin kebutuhan repeater kita.

Antena Repeater

Antena diwajibkan ada karena antena ini bila kita gambarkan pada sebuah saluran irigasi adalah saluran paralon yang menyuplai air ke setiap sawah atau kebun. Bila paralonnya tidak tersumbat maka air akan mengalir deras. Antena juga demikian, bila antenanya baik maka rf yang kita pancarkan akan mengalir bagus. Begitupun dengan daya terima pada R-nya, akan sesensitif yang kita kehendaki.

Antena merupakan bagian yang penting dalam sistem repeater. Antena berfungsi menerima getaran listrik dari transmitter dan memancarkannya sebagai gelombang radio, dan sebaliknya, menerima gelombang radio dan meneruskan sinyal listriknya ke receiver.

Antena merupakan suatu konduktor dengan bentuk dan ukuran tertentu yang dirancang untuk memancarkan energi gelombang elektromagnetik dari arus listrik (time-varrying currents) yang mengalirinya secara efisien. Untuk antena penerima, proses yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu gelombang elektromagnetik yang diterima diubah menjadi arus listrik yang ekuivalen dengan sinyal informasi yang dibawanya.

Antena merupakan rangkaian resonansi, yang terdiri dari induktor, resistor dan kondensator namun bukan berupa komponen-komponen melainkan rangkaian linear sepanjang kabel antena. Kawat antena yang beresonansi akan mengakibatkan muatan listrik bergetar dengan frekuensi tertentu bolak-balik dari ujung ke ujung kawat. Getaran ini akan menempuh jarak sebesar panjang gelombang resonansi. Untuk dapat menampung getaran ini panjang antena harus paling sedikit setengah dari panjang gelombang resonansinya.

Atrikel Terkait mengenai Antena bisa sobat buka pada postingan berikut :
- Membuat Sendiri Antena Diamond F23H
- Skema Antena Diamond F23H
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment