-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Carrier Operated Relay (COR) - Seperti dalam pembahasan sebelumnya dalam Pembuatan Sendiri Repeater, telah kita singgung bahwa dalam pembuatan repeater ini banyak elemen yang harus kita kenal sebagai komponen pendukung menjadinya sebuah reapeater. Sedikit ulasan singkat mengenai COS telah kita bahas meski dengan bahasa ala-kadarnya bukan bahasa tekhnik dalam Carrier Operated Switch (COS) Dan Carrier Operated Relay (COR) pada postingan saya yang lalu.

Carrier Operated Relay (COR)

Carrier Operated Relay (COR)
Bila kita terjemahkan pada bahasa RAPI SERUI, COR adalah sekumpulan jari-jemari kita yang menekan PTT kala radio kita transmit, dan melepaskanya ketika kita stanby atau mendengarkan lawan bicara kita dalam sebuah komunikasi radio.

Ribet ya bila jari-jemari kita bertugas sebagai switch PTT pada sebuah repeater ? Untuk itu kita bikin sebuah rangkaian COR yang bisa bertindak secara otomatis atas perintah COS.

Bahasa kerennya, Carrier Operated Relay adalah sebuah perangkat yang menyebabkan repeater dapat menyampaikan transmisi sebagai respon terhadap sinyal yang diterima.

Bagian COR ini yang mengatur transmitter untuk memancarkan informasi ketika receiver telah menerima informasi, dan memutuskan kembali pancaran ketika sinyal informasi terputus (selesai). Dengan kata lain, sebuah COR digunakan untuk menghubungkan dua buah pesawat radio (transmitter dan receiver) agar menjadi suatu sistem radio pancar ulang (repeater).

Lanjut pada rangkaian COR yang saya dapat dari Mbah Google, berikut adalah skemanya :

Carrier Operated Relay (COR)

Skema COR diatas komponen utamanya menggunakan IC LM 555, sebuah IC switch yang sangat populer di dunia elektronika. Dan satu buah Transistor sebagai saklar ke radio Transmiter(TX) untuk menggerakan/menyambungkan PTT. Input dari rangkaian COR ini adalah COS High. R2 dalam rangkaian diatas bisa sobat ganti dengan nilai yang lebih kecil guna mendapatkan respon saklar yang cepat. Cepat atau lambat pemutusan saklar ke radio Transmiter diatur oleh R2/VR.

Carrier Operated Relay (COR)

Gambar jadi COR yang dirakit pada sebuah papan PCB bolong dengan penambahan Tone Control sederhana. Jika sobat perlu COR jadi berbagai fungsi dan beragam guna, silahkan hubungi Kang Angga pada website Ngoprek Radio Com

Selamat bereksperimen dan semoga bermanfaat !
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment