-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Membuat Sendiri Antena Diamond F23H - Kebutuhan ini didesak dari spleteran yang tidak mau hilang pada RPU yang saya bangun, meski Cavity Filter sudah terpasang. Filter di TX ataupun di RX, spleteran masih mengganggu RX-nya, audio pada RPU tsb.tidak bersih karena adanya suara gemuruh angin dari spleteran tsb. Alhasil setelah gonta-ganti antena, terpilihlah pada satu branded terkenal Diamond F23H.

Membuat Sendiri Antena Diamond F23H

Ketika RPU tsb. mengunakan dua antena, maka harga antenalah yang menjadi pertimbangan. Bagaimana tidak 2X antena F23H harga Serui sudah mencapai 4 juta-an (kurang-kurang dikitlah). Solusinya ya Membuat Sendiri Antena Diamond F23H ini, Namun menjadi persoalan juga ketika kita tidak punya paralon atau fiber bolong yang bisa berdiri tegak sepanjang 5 meteran.

Bahan utama pembuatan Antena F23H ini adalah kawat pejal kuningan (seperti F23H aslinya) yang banyak dijual per meter ditoko-toko bangunan. Dudukan antena kebetulan saya punya bekas Antena Telex Hygain yang sudah tidak saya pakai lagi. Sebagai pelindung antena saya manfaatkan paralon Elon Super AW3/4 sepanjang 2 meter. Sambung lagi dengan paralon yang lebih dan kecil lagi hingga menyerupai aslinya F23H dan tentunya aman dari air hujan. Sedikit bengkok ketika berdiri dianggap wajarlah :P

Membuat Sendiri Antena Diamond F23H

Jangan tanya soal hasil SWR dari antena yang kita bikin ini, tidak jauh-jauh dari aslinya. RPU yang saya bangun ini bisa berjaya diudara dengan daya pancar dan audio yang sangat-sangat memuaskan. Ini artinya RPU-ku bebas dari spleteran yang dihasilkan dari antena sebelumnya.

Pada postingan selanjutnya akan kita bahas Alat dan Bahan untuk Membuat Sendiri Antena Diamond F23H ini. Harap bersabar ya kawan !

Next >>>
Skema Antena Diamond F23H
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment