fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
The Cavity Duplexer - Pada satu komunikasi radio kita sering memberi laporan audio juga signal, Pak Sutran bilang bahwa audio yang dihasilkan repeaterku mengandung banyak pasirdan gemuruh angin. Mungkin maksud beliau adalah audio tsb. terlalu banyak noisenya. Noise Band yang ditimbulkan dari spleteran yang tidak bisa ditapis secara sempurna oleh cavity filter atau Duplexer.

The Cavity Duplexer

Apa itu Duplexer ? Didalam dunia penerbangan....heu canda sob, maksudku dunia repeater istilah Duplexer ini dikenal lebih populer daripada seorang presiden. Bagaimana tidak, sebuah repeater tanpa duplexer ibarat sayur tanpa garam. Sebuah repeater yang bagus membutuhkan Duplexer.

Duplexer adalah perangkat elektronik yang memungkinkan komunikasi dua arah melalui satu jalur. Dalam sistem komunikasi radar dan radio, duplexer dapat mengisolasi penerima dari pemancar dalam satu antena. Sebagian besar sistem repeater radio termasuk duplexer.

Baca Artikel Terkait dengan Duplexer pada postingan terdahulu:
- Helical Bandpass Filter atau Cavity Filter

Skema Duplexer

Gambar diatas menunjukan sebuah konfigurasi dari sebuah Duplexer. Duplexer biasanya terdiri dari empat hingga enam rongga resonan dengan hitungan 1/4 panjang gelombang. Insya Allah jika diberi kesempatan, sayaakan mengulasnya lebih banyak tentang struktur keseluruhan duplexer secara lengkap. Namun, pertama-tama, kita perlu melihat sifat mekanik dan listrik yang penting dari masing-masing rongga.

Konfigurasi duplexer diatas adalah konfigurasi dari sebuah Duplexer yang paling umum yang banyak beredar dipasaran. Kita akan mengulasnya dalam tiga hal penting dari sebuah Duplexer :

1. Kenapa Duplexer menggunakan rongga resonan ?

2. Mengapa dan bagaimana bisa energi RF bisa masuk dan keluardari rongga resonan tersebut ?
3. Jenis-jenis rongga dasar resonan yakni Bandpass (Bp), Band Reject (BR) dan Bandpass--Band Reject (BP-BR).

Tiga hal dasar dari sebuah Duplexer ini akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Perjumpaan kali ini kita cukupkan sekian dulu, karena saya akan melanjutkan pekerjaan yang tertunda kemarin, yakni pemasang tower treangle di sebuah kantor instansi pemerintah di daerah saya.

Next >>>> Pada Postingan selanjutnya.......

Mohon bersabar ya kawan, happy blogging !
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads