fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Cara Setting Dan Reset HT Alinco DJ-W10 - Padahal baru 4 bulan terakhir saya membeli dan memegang radio jenis HT dengan brand Alinco tipe DJ-W500. Hari ini tepat tanggal 18 Agustus 2019 datang HT dengan merk yang sama namun beda type DJ-W10.

Cara Setting Dan Reset HT Alinco DJ-W10

Yang punya radio minta di setting ke pengaturan awal juga minta di setting untuk dipergunakan pada repeater, setting Simplex dan Duplex. Terpaksa dech saya buka paririmbon karena memang saya tak pernah mengingat hal ini. Untungnya Manual Book dari HT jenis ini masih saya simpan utuh.

Cara Setting Dan Reset HT Alinco DJ-W10 ini hanya mengatur ulang dan memasukan frekwensi repeater yang dia pergunakan lalu menyimpannya. Ini artinya kita cukup manual setting saja tak perlu menggunakan komputer atau perangkat sejenis. Alinco DJ-W10, DJ-A10 adalah HT generasi yang datang hampir bersamaan dengan DJ-W500. Spereti generasi DJW-500 Alinco DJ-W10 inipun mempunyai dua mode operasi yakni operasi mode VHF dan operasi mode Chanel plus operasi radio FM. Jadi kita bisa mendengarkan siaran radio.

Radio HT Alinco DJ W10 adalah satu perangkat komunikasi yang handal di dunia. Dibuat dan dirancang oleh pabrikan radio komunikasi Alinco asal Jepang. Radio HT Alinco DJ W10 juga telah lolos uji kualitas.

Berikut adalah Spesifikasi Radio HT ALinco DJ-W10.

Ok Gan, setelah kita tahu spek diatas maka kita akan menginjak pada Cara Setting Dan Reset HT Alinco DJ-W10 yang telah saya sebutkan tadi diatas Cara Manual Setting. Jika frekwensi dan pengaturan memang sudah diacak-acak oleh yang punya perangkat maka akan lebih baik bila kita kembalikan ke pengaturan awal. Caranya;

Perhatikan tombol-tombol yang ada pada DJ-W10. Dibawah tombol PTT ada dua tombol yakni tombol lampu senter dan tombol on squel. Tombol ini bila kita tekan akan membuka suara radio yang tadinya spei menjadi berisik.

1. Setelah tahu fungsi ketiga tombol tsb.matikan radio DJ-W10 anda.
2. Radio dalam keadaan OFF tekan tombol ON Squel tsb.dan tahan sambil menghidupkan radio, tunggu sampai dimonitor muncul tulisan VOICE OFF.
3. Cari tombol C dan tekan dengan hati hingga muncul tulisan RESET FACT?
4. Pilih dengan menekan tombol A (Tombol Function), apakah kita mau RESET INIT atau RESET FACT
5. Setelah menentukan pilihan RESET maka tekan tombol # hingga muncul angka atau Frekquensi 155.000 MHZ.

Clink, radio HT DJ-W10 anda sudah kembali pada pengaturan awal pabrik.

Nach setelah Pengaturan HT DJ-W10 anda rapi (tidak acak-acakan) sesuai pengaturan pabriknya maka kita akan mengijak pada Cara Setting Pengaturan mode VFO dan mode Channel.

Pengaturan Radio HT DJ-W10 dalam Mode Channel

Pengaturan Mode Channel (CH) adalah menginput frekwensi dan menyimpannya dalam memory mode CH dan nickname, seperti contoh, CH 1, CH 2 dst. dan Nichname RAPI, REPEATER atau sesuai nickname yang anda masukan. Apabila anda mau mempergunakan Mode Channel ini silahkan masuk pada memory mode atau Frekquensi plus Channel.

Pengaturan Radio HT DJ-W10 dalam Mode VFO

Untuk mengatur pada Mode VFO langkah awal adalah dengan menekan tombol D. Setelah masuk pada Mode VFO masukan angka dari frekuensi kerja anda. Frekwensi yang anda masukan akan tersimpan secara otomatis meski radio kita matikan.
Related Posts

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment