-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Seperti kali ini saya jengkel sengkali, buka browser google tak ada yang mau terbuka, padahal jaringan internetku cukup stabil yakni indihome 30 Mbps Katanya sieh ada gangguan nasional di jaringan Indihome. Sebenarnya bukan Cuma iu saja masalahnya, brouser yang saya buka website-websitenya kebetulan tergolong website berat di loading. Padahal hari ini didesak kebutuhan satu software driver PC yang harus update online.

Uji Blog Pada Pengujian Situs Mobile Friendly

Sebenarnya jaringan internetnya terkoneksi namun putus-nyambung kaya judul lagu Rapi Ahmad.  Bicara mengenai  website atu blog yang lambat loading kadang membuat kita kesal, apalagi semacam saya dikejar tugas Negara yang pasiennya menunggu. Reload browser beberapa kali link yang kita inginkan masih tetap mandeg, terpaksa pindah kepencarian link lain lagi. Ini namanya perubahan prilaku pengunjung. Perubahan prilaku ini  bersifat buruk bagi perkembangan website kita di masa depan,apalagi bila blog kita adalah blog bisnis.

Cek Kecepatan Blog/Web anda di PageSpeed Insights

Seperti yang saya baca dalam Pengujian Situs Mobile Friendly - Google Search Console bahwa tahun ini meupakan tahun perkembangan era perangkat mobile, belanja saja cukup menggunakan HP, android dan smartphne. Pengguna perangkat mobile meningkat dratis begitu signifikan. Fenomena ini  menjadi perhitungan juga bila web atau blog kita mengarah pada blog yang mencari pundi-pundi dolar di internet.

Google Search Console

Nach anda yang mempunyai website atau blog, tak mau bukan website anda ditinggalkan begitu saja oleh pengunjungAda beberapa sebab website atu blog berat loading atau lambat terbuka di brouser pencarian, salah-satunya penempatan widget yang berlebihan, atau bisa juga halaman-halaman website anda dicekal robot.text google. Jika hal ini terjadi maka silahkan sobat cek permasalahan yang terdapat pada website anda apakah sudah masuk pada katagori website atau blog yang Mobile Friendly atau belum.

Apa lagi itu yang dimaksud dengan Website Friendly? Website Mobile Friendly adalah web yang dioptimasi untuk perangkat mobile, kita mengenalnya dengan menyebutkan website responsive, hal ini  karena website jenis ini punya kemampuan tampil dan bisa beradaftasi pada ukuran lcd perangkat  yang kita gunakan. Sekarang mari kita Cek Web/Blog kita apakah lolos dari masalah sumber daya?

Pengujian Situs Mobile Friendly - Google Search Console

Jika mendapati tulisan seperti ini berarti web/blog anda punya sumber daya yang mesti diperbaiki :

Halaman dimuat sebagian. Tidak semua sumber daya dapat dimuat. Hal ini dapat memengaruhi cara Google melihat dan memahami halaman Anda. Perbaiki masalah ketersediaan untuk sumber daya apa pun yang dapat memengaruhi cara Google memahami halaman Anda.

Menggunakan alat Pengujian Situs Mobile Friendly 

Cara penggunaan Alat Uji untuk Mobile-Friendly ini sangatlah mudah anda cukup mengetik URL lengkap halaman web yang ingin diuji. Pengalihan apa pun yang diterapkan oleh halaman tersebut akan diikuti oleh pengujian. Pengujian biasanya memakan waktu kurang dari satu menit.

Hasil pengujian mencakup screenshot tampilan halaman yang dilihat Google di perangkat seluler, serta daftar masalah kegunaan seluler apa pun yang ditemukannya. Masalah kegunaan seluler adalah masalah yang dapat memengaruhi pengguna yang mengunjungi halaman tersebut di perangkat seluler (dengan layar kecil), termasuk ukuran font yang kecil (yang sulit dibaca di layar kecil) dan penggunaan Flash (yang tidak didukung oleh sebagian besar perangkat seluler).

Baca Selengkapnya pada Alat Uji untuk Mobile-Friendly
Artikel Terkait

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment