-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
6 Bandara Extrim di Dunia, Indonesia Punya kah? - Melansir detik.com pada Update Corona di RI Per 30 April 2020 menyatakan bahwa Positif, 1.522 Sembuh, dan 792 Meninggal. Terkait dengan pandemi Covid-19 maka pemerintah melarah mudik (tradisi tahunan menjelang hari raya Idul Fitri bagi umat muslim). Hingga Bandar Udara sepi, pelabuhan dan terminal-terminal-pun sepi.

6 Bandara Extrim di Dunia, Indonesia Punya kah

Bandara atau Bandar Udara merupakan fasilitas untuk tempat pesawat terbang bisa terbang atau lepas landas juga mendarat. Di Indonesia sendiri Bandar Udara yang cukup terkenal dari jaman dulu hingga sekarang adalah Bandara Soekarno Hatta International Airport. Bandara adalah garda terdepan yang pertama akan dijumpai kala kita akan mengadakan kunjungan pada suatu negara dengan menggunakan pesawat terbang.

6 Bandara Extrim di Dunia, Indonesia Punya kah?

Bagi mayoritas pilot berpengalaman landing atau mendarat dan lepas landas atau take-off  adalah fase paling kritis dalam penerbangan, bandara sebagus apapun tetaplah menakutkan. Banyak terjadi kecelakan pesawat ketika fase landing atau take-off ini. Oleh karena itu sangat diperlukan bagi Bandara mempunyai landasan pacu yang aman. Tapi ternyata Guys tidak semua Bandara memiliki landasan pacu yang aman untuk proses landing dan take-off pesawat.

Berikut adalah 6 Bandara paling menyeramkan dan paling berbahaya di dunia versi Rapi Serui:

1. Princess Juliana International Airport

Bandar Udara ini adalah sebuah bandar udara yang berada di bagian Belanda dari pulau Saint Martin. Pada tahun 2007, bandar udara ini menangani 1,647,824 penumpang dan 103,650 pergerakan pesawat. Bandara yang dibangun pada tahun 1942 ini awalnya diperuntukan untuk bandara militer, namun pada akhirnya Bandara Princess Juliana International Airport ini dijadikan sebagai Bandara sipil pada tahun 1943.

Princess Juliana International Airport

Semakin meningkatnya turis yang datang membuat Bandar Udara Princess Juliana ini terus meningkatkan pasilitas dan kualitas layanan.Namun yang unik dari bandara ini adalah pemandangan yang bisa kita temui disaat sebuah pesawat akan mendarat. Pendeknya landasan payu yang langsung bersebrangan dengan laut membuat pesawat harus terbang sangat rendah saat akan mencapai landasan. Padahal dibawahnya terdapat orang-orang yang sedang menikmati keindahan pantai Maho.

2. Juancho E Yrausquin Airport

Bandara Juancho E Yrausquin ini terletak di pulau Saba kepulauan Karibia Belanda. Extrimnya bandara ini mempunyai landasan pacu terpendek di dunia. Panjang landasan pacunya tidaklebih dari 400 meter. Ke-extriman ini masih ditambah dengan tingginya tebing disekitar bandara. Bandara ini adalah bandara paling menantang bagi para pilot profesional sekalipun.

Juancho E Yrausquin Airport

3. Madeira International Airport

Bandar Udara Madeira ini sebelumnya dikenal sebagai bandar udara Santa Katarina. Bandara ini terletak di kepulauan Madeira Portugal. Pendeknya landasan bandara ini hanya berkisar 1.300 meter, membuat bandara ini menjadi salah-satu bandara yang paling berbahaya di dunia. Namun pemandangan disekitar pulau Madeira sangatlah unik. Disatu sisi terdapat pemandangan laut yang mengelilingi landasan pacu ini, danan sisi lainya terdapat perbukitan.

Madeira International Airport

4. Lukla Airport atau Tenzing – Hillary

Bandara Lukla Nepal pada tahun 2008 berganti nama menjadi Bandara Tenzing - Hillary. Tenzing Hillary diambil dari nama pendaki yang berhasil menaklukan gunung Everest pertama kali.Bandara Lukla terkenal karena dekat dengan basecamp pendakian gunung Everest atau pintu gerbang gunung Everest.

Lukla Airport atau Tenzing – Hillary

Bandara Lukla terletak diketinggian 2.900 meter dari permukaan air laut ini kerap diselimuti kabut dan gerimis, bahkan terkadang kita bisa melihat awan yang menyelimuti pegunungan disekitarnya dengan sangat jelas. Bandara Lukla mempunyai landasan pacu yang pendek.

5. Courchevel Airport Perancis

Bandar Udara Courchevel
adalah sebuah bandar udara milik Prancis yang melayani Courchevel, sebuah wilayah ski. Bandar udara ini memiliki landasan pacu yang sangat pendek, yaitu hanya sepanjang 525 meter dengan gradien (kecuraman) sebesar 18.5 %. Nilai kecuraman ini menjadikan Bandara Courchevel paling extrim di dunia. Bandara yang selalu diselimuti salju ini pernah muncul pada Film James Bond - Tomorrow Never Dies.

Courchevel Airport Perancis

Di Bandara Courchevel ini kita tidak akan menemukan pasilitas instruksi dan petunjuk membantu pilot saat pendaratan. Mendarat di bandara ini saat kondisi gelap dan berkabut tentunya akan sangat mustahil untuk dilakukan.

6. Barra Airport Scotland

Bandara yang terletak di negara Skotlandia ini sangat berbeda dengan bandara lain yang ada di dunia. Saat bandara lain membangun landasan, justru bandara ini menjadikan pantai Traigh Mhor di ujung utara pulau Barra di Hebrida, Skotlandia sebagai landasannya. Bandar udara ini sangatlah unik - karena merupakan satu-satunya bandar udara di dunia di mana penerbangan terjadwal mendarat di pantai.

Barra Airport Scotland

Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment