-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Apa Itu World Wide Web (WWW) - Dulu ketika pertama kali saya terjun pada dunia blogger punya ketertarikan pada dua sobat yang tak lelah untuk berbagi, sobat www dot iskarjuki dot kom sama satu sobat yang agak-agak alim yaitu www dot tip wisata murah dot com. Ketertarikan dengan artikel-artikelnya juga domain www yang dipunyainya. Hingga blog yang sekedar hobi migrasi pada www dot raihan dot com. Tapi itu dulu sob !


Apa Itu World Wide Web atau yang akrab kita singkat dengan triple w (www) ? World Wide Web atau seringkali kta sebut web adalah sumber data dan informasi  yang dapat diakses oleh semua orang melalui jaringan internet. Tiga komponen pokok yang menjadi tulang punggung sebuah WEB adalah URL,HTTP dan HTML.

URL (Uniform Resource Locator)

Url atau Uniform Resource Locator adalah alamat dimana data atau informasi itu berada. Yakni satu standar peng-alamat-an sebuah file di internet yang dirancang khusus untuk dipergunakan dengan browser WWW seperti Netscape, Internet Explorer atau Mosaic. Format standar sebuah URL adalah sebagai berikut;

 "http://me:mypass@www.myhost.com:81/users/kangerend/file.html"

Perhatikan dengan seksama, kode me:mypass pada URL diatas adalah nama user dan kode password yang digunakan untuk mengakses sebuah web yang menggunakan password yakni kode yang dipergunakan pada situs-situs tertentu yang mewajibkan user memasukan nama dan password untuk mengaksesnya - biasanya nama dan password diberikan dengan membayar iuran tertentu.

Untuk kode www.myhost.com adalah gelar untuk host komputer di internet dimana komputer tsb.berada. Setiap negara punya kode tersendiri untuk menunjukan server itu berada. Seperti negara Indonesia nama host-nya diberi akhiran .id (contoh:www.blogkangerend.net.id) atau negara Australia nama host-nya diakhiri dengan .au dan negara lainnya. Jika kode negara tidak tercantum maka server tsb.bersifat internasional dan lokasi servernya bisa dimana saja (contoh:www.blogkangerend.com).

Lalu angka 81 pada URL diatas menunjukan nomor koneksi port ke server. Jika tidak tertulis atau tercantum angka maka maka browser akan menggunakan nomor default. Selanjutnya users/kangerend/ adalah path dimana letak file yang dibaca, diambil atau dilihat. Sedangkan kode file.html adalah file yang akan ditampilkan pada display browser atau internet. Jika tidak tertulis kode tsb.maka browser akan mencari file dengan nama index.html - index.htm atau default.htm tergantung pada setting server dilokasi path.

Next >>> 

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment