fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Atribut Tag Dalam Elemen HTML - Pengenlan terhadap apa yang disebut TAG dalam penulisan HTML membuat kita sedikit mengerti Tag. Contoh Tag juga telah saya bahas pada postingan terdahulu. Setelah kita Mengenal TAG Sebagai Dasar Bahasa HTML, maka kali ini kita akan mengenal dengan apa itu yang disebut Atribut Tag.

Atribut Tag

Sebuah Tag bisa memiliki satu atribut atau lebih. Atribut digunakan untuk mengendalikan kerja Tag bersangkutan. Berikut adalah adalah 3 macam atribut yang mungkin dimiliki oleh sebuah Tag.

1 Atribut nama misalnya ALIGN,WIDTH dll.
2 Atribut tanda Sama Dengan (=)
3. Atribut nilai misalnya 50, "100%", "blue", "index.html", dll.

Atribut nilai sebenarnya boleh juga ditulis tanpa tanda kutip, karena 3 contoh berikut dibawah akan sama benarnya;

<HR ALIGN=center WIDTH=90>
<HR ALIGN="center" WIDTH="90">
<HR ALIGN=center WIDTH=90>

Namun untuk lebih bagusnya kita membiasakan diri untuk tetap memakai tanda kutip untuk menghindari salah interprestasi dari sebagian browser yang ada. Jadi meskipun cara penulisan seperti tag <A HERF=feature.html> bisa digunakan namun akan lebih baik bila penulisannya dilengkapi atau memakai tanda kutip seperti <A HERF="feature.html">.

Beberapa atribut nama bisa dihilangkan jika nama atribut, sama nama dengan atribut nilai. Sebagai contoh tag <UL KOMPUTER="KOMPUTER"> bisa anda menulisanya dengan singkat <UL KOMPUTER> saja.

Kalaupun atribut tidak dipergunakan maka browser akan menganggap atribut yang digunakan adalah atribut default, yaitu atribut yang dipasang pada Tag <body>. Satu hal yang harus menjadi perhatian adalah jika menggunakan lebih dari satu atribut maka setiap atribut yang digunakan harus dipisah oleh tanda spasi (bukan koma) seperti contoh berikut;

<H1>         Tanpa Atribut
<H1 ALIGN="CENTER">       memakai satu atribut
<FONT SIZE="7" COLOR="blue">        memakai dua atribut
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads