fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Cara Membuat Kabel LAN Komplit Gambar

Cara Membuat Kabel LAN Komplit Gambar - Kenapa cara membuat koneksi kabel LAN ini saya angkat pada label blog "Radio", tentu jawabannya karena memang hal ini ada hubungannya dengan radio. Namun bukan radio komunikasi tapi radio LOCO atau TP LINK wifi. Pada awalnya saya punya kehendak  untuk posting cara setting radio wifi diatas, namun keingetan ketika kabel LAN-nya harus dibuat dahulu.

Cara Membuat Kabel LAN Komplit Gambar

Seperti kita ketahui bahwa sebuah jaringan internet memerlukan koneksi perkabelan, baik itu jaringan LAN, WAN, HUB atau untuk berinteraksi dengan radio wfi, router ataupun mikrotik kalau ada. Koneksi perkabelan LAN merupakan "pengetahuan dasar" ketika kita terjun pada dunia jaringan internet. Kabel LAN yang biasa berlaku di Indonesia atau biasa kita pakai adalah Kabel Lan jenis Cross dan Straight.

Cara Membuat Kabel LAN Komplit Gambar

Untuk memasang kabel LAN (Local Area Network) tentunya kita memerlukan alat-alat. Seperti yang tertera pada gambar diatas terdapat Crimping Tool, Cuter, Gunting, Kabel Tester dan jangan lupa pula head conector RJ-45 juga kabel UTP-nya. Untuk mengelupas kabel UTP saya kira tidak perlu gambar karena saya yakin antum-antum semua yang terdampar pada postingan ini sudah pada mahir. Yang jelas 8 bh kabel yang ada didalam jangan sampai ikut terkelupas juga.

Susun Kabel LAN

Langkah awal adalah menyusun kabel sesuai kebutuhan kita. Bila kita memerlukan kabel Lan secara Cross maka lihat susunnannya seperti ini :

Cara Membuat Kabel LAN Komplit Gambar
Begitu pula ketika kita memerluka kabel LAN secara Straight maka susun kabel kita seperti gambar berikut dibawah ini. Setelah dinyatakan benar dan terlihat rapih,kita tinggal memasukannya pada head konektor RJ-45 lalu kunci dengan memakai Crimping Tool. Lalu silahkan test pakai Tester Kabel apakah susunannya sudah beraturan atau belum.
Kabel Straight

Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Posting Komentar