-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Cara Setting HT ICOM IC V80

Cara Setting HT ICOM IC V80 - Ada berbagai macam merk juga type radio komunikasi terutama kelompok atau jenis Handy Talky (HT) ini. Salah-satu mek terkenal yang beredar di Indonesia adalah ICOM. Pabrikan ICOM juga tak lelah memproduksi radio-rado HT andalannya. Salah-satunya HT andalan ICOM yakni IC V80.

Cara Setting HT ICOM IC V80

HT ICOM IC V80 ini sudah sangat familiar dengan kalangan breaker Indonesia. Punya kelas tersendiri di hati mereka meski di Indonesia sekarang sudah banyak beredar HT-HT produksi China dengan harga yang sangat murah. Icom IC V80 punya output power 5,5 Watt dengan kapasitas batre 1400mAH yang bisa beroperasi sekitar 13 jam.

Keungulan lainnya dari HT Icom IC V80 ini bisa anda baca pada Buku Panduan HT tsb. Yang pasti kita akan langsung pada langkah Cara Setting HT Icom V80, yakni:

1. Merubah Pengaturan HT ke Default Pabrik (Reset Setting) :
Langkah awal adalah dengan meng-OFF-kan radio lalu Tekan MONI + VFO/MR tahan jangan dilepas. Lalu ON-kan radio.
Pengaturan radio yang tidak beraturan akan kembali ke awal yakni Depault Program.

2. Mengatur HT agar bisa terkoneksi dengan Repeater (RPU) :
Untuk mengatur koneksi RPU pada HT Icom V80 ini sangatlah simple. Saya akan contohkan pada RPU Rapi tempat saya tinggal sekarang (admin mempunyai Callsign JZ27KRN). Ketika kita mengakses RPU maka otomatis kita harus terdaftar sebagai anggota organisasi keradion yang ada di wilayah kita. Frkuensi kerja di wilayah saya adalah 143.400 Mhz dengan selisih Frekunsi 1.200 pada Dumplex (-). Artinya repeater ini bekerja pada TX 142.200 Mhz dan RX 143.400 Mhz.

Seing Repeater Pemancar Ulang

Dalam keadaan radio ON mula-mula Tekan tombol FUNC lalu tekan tombol SET, pilih opsi dengan tombol [▼ / ▲] sesuai RPU ditempat anda. Apakah RPU tersebut bekerja pada Dumplex (-) atau (+). Lalu putar rotari (Dial) untuk menentukan selesih frekunsi Rx dan TX-nya. Setelah itu tekan tombol ENTER untuk mengakhiri. Selanjutnya masih dalam mode VFO, untuk menampakan Dumplex - atu + nya tekan FUNC lalu DUP.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment