fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Cara Setting Radio HT ICOM V88 Bag.2 - Postingan kali ini adalah lanjutan dari post sebelumnya tentang Radio Icom V88 dengan Label Blog Radio. Meskipun V88 ini termasuk radio ini radio mungil namun cara settingannya agak sedikit rumit bila dibandingkan dengan rakom lainnya. Hal ini karena V88 ini bila mau bekerja harus menyimpan frekwensi kerja pada tiap Chanelnya.

Cara Setting Radio HT ICOM V88 Bag.2

Pada post terdahulu kita telah mereview sedikit dan mengenal fungsi-fungsi tombol yang ada pada ICOM V88 ini. Pada kesempatan ini kita akan sedikit memberikan langkah mudah untuk masuk pada sesi Mode Pengaturan Pengguna atau User Set Mode.

Mode Set Pengguna ini memungkinkan kita untuk mengubah berbagai pengaturan. Kita dapat "menyesuaikan" operasi transceiver agar sesuai dengan preferensi dan gaya operasi yang kita inginkan.
.
Memasuki mode Pengaturan Pengguna: 
Tahan ➥ [P0] untuk memasuki mode Pengaturan Pengguna. • Saat dalam mode Pengaturan Pengguna, tekan [P0] lagi untuk memilih item, dan kemudian ubah nilai atau pengaturan dengan menekan [CH Naik] atau [CH Turun]. Tahan ➥ [P0] lagi untuk keluar dari mode Set Pengguna.

1. Backlight
Lampu latar LCD dan lampu latar tombol menyala sesuai dengan pengaturan ini. Pada posisi ON: artinya lampu elalu menyala. • AUT: • Menyala selama 5 detik saat menekan sembarang tombol kecuali [PTT]. AU2: Lights selama 5 detik setiap kali tampilan • mengubah konten. OFF: Tidak menyala.

2. SQL atau Squelch
Level SQL (Squelch) Atur level SQL antara 0 hingga 9. Fungsi squelch menekan output noise dari speaker ketika tidak ada sinyal yang diterima. 0: SQL Open • 2: SQL Threshold • 9: SQL Tigh.

Sebenarnya dalam pengaturan mode pengguna ini banyak yang akan bahas, seperti pengaturan MIC, BEEP, dll. Namun saya rasa hal itu bisa kesampingkan dulu karena biasanya untuk level MIC dan sebagainya sudah teratur secara depault. Langkah yang urgen karena otomatis bila kita membeli radio komunikasi tujuannya untukbisa berkomunikasi dengan lawan bicara kita.

Untuk itu kita akan coba Setting atau Mengedit frekuensi Receive (RX) dan Transmit (TX):

Saat zona dan nomor saluran ditampilkan, q seperti yang dijelaskan pada postingan awal, tekan [ATAS] untuk memilih frekuensi RX, atau tekan lagi untuk memilih frekuensi TX. • Ketika kita memilih frekuensi RX, indikator LED menyala hijau, dan ketika kita memilih frekuensi TX, indikator LED menyala merah.

Memilih Nada TX dan RX :

Langkah untuk memilih nada RX dan TX sama dengan instruksi diatas.
Ketika frekuensi TX ditampilkan seperti dijelaskan bab diatas, tekan [ATAS] untuk memilih nada RX terlebih dahulu, atau tekan lagi untuk memilih nada TX. • Ketika kita memilih frekuensi RX, indikator LED menyala hijau, dan ketika kita memilih frekuensi TX, indikator LED menyala merah.

Untuk jelasnya silahkan anda lihat Gambar dibawah ini :

Memilih Nada TX dan RX

Intisari dari Cara Setting Radio HT ICOM V88 Bag.2 ini adalah sebagai berikut :

1. Matikan radio Transceiver (OFF). Dalam kedaan OFF ini tahan tombol UP bersamaan dengan tombol PO kemudian ON-kan transceiver  hingga muncul pada layar tulisan “SETMODE”

2. Selanjutnya pijit tombol PO dan P3 (layar akan berkedip). Lalu pijit tombol UP atau DOWN untuk memilih CH  yg akan di edit dan tombol P1 untuk pilih ZONE.

3.Jika CH dan ZONE  yang akan di edit sudah di tentukan tekan tombol UP (lampu indikator akan berwarna hijau) tekan P3 kemudian ketik frekuensi receiver.

4.Langkah 4 pijit tombol UP (lampu indikator akan berwarna merah) kemudian tekan P3 kemudian ketik frekuensi transmitter.

5.Selanjutnya pijit tombol UP (RC), lalu pijit tombol P2 kemudian pijit P3 (berkedip) pilih TONE RX dengan menggunakan tombol Up atau Down jika sudah pijit tombol P3

6.Pijit tombol Up (TC) pijit tombol P2 lalu P3(berkedip) pilih TONE TX dengan menggunakan tombol Up atau Down jika sudah pijit tombol P3

7.Pijit tombol Up lalu P3,ketik nama Channel yang diinginkan (gunakan tombol P3 untuk huruf selanjutnya), jika sudah selesai silahkan matikan transceiver.

Catatan:
Jika kita tidak mau menggunakan TONE silahkan  lewati langkah 5 dan 6.

Semoga Bermanfaat !
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar