-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Cara Setting Radio HT ICOM V88 - Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan admin blog ini adalah menyukai RADIO, baik itu radio komunikasi berjenis Handy Talky ataupun radio  transifier lainnya. Kebetulan kemarin lusa saya kedatangan tamu yang tidak diundang dengan menggenggam sebuah radio HT ICOM V88 ini. Usut punya usut ternyata yang punya tidak tahu cara setting HT ini intuk dikoneksikan dengan repetear yang ada di daerahnya.

Cara Setting Radio HT ICOM V88


Kita ulas sedikit tentang Radio HT ICOM V88 ini. Seperti kita ketahui satu brand radio komunikasi ini selalu menghasilkan produk-produk unggulannya, tidak terkecuali dengan HT mungil ini. ICOM V88 dengan jangkah frekunsi 136 Mhz sampai 174 Mhz dirancang bisa tahan terhadap air alias kedap air (standar IP67). Meskipun punya bentuk yang mungil namun dilengkapi speker yang cukup lebar yakni 36mm sehingga mampu menghasilkan suara yang jernih dan jelas.

Handy Talky ICOM IC-V88 ini memiliki 128 Channels Penyimpanan (Memory).8 Karakter alfanumerik Tampilan, Built-in CTCSS dan DTCS encoder / decoder, 8 DTMF autodial Kenangan, MDC 1200 PTT ID dan 100 Alias Kenangan, Inversi Voice Scrambler (16 Code) untuk Percakapan pribadi, Saluran Pengumuman Nomor saluran Operasi, Tujuh Tombol Programmable dengan Fungsi Pergeseran Key.

Berikut adalah Cara Setting Radio HT ICOM V88 :

Untuk radio HT ICOM V88 ini agak sedikit berbeda bentuk tampilan dan cara settingnya. Bila HT-HT buatan China atu Jepang lainnya biasa kita mengenal tombol MENU atau F (Function) disalah satu keyped-nya. ICOM V88 ini menggunakan P0,P1,P2,P3,TOP,UP,DOWN. Tentang pengaturan standar tombol-tombol ini, lihat manual instruksi yang disediakan oleh radio transceiver ICOM V88 ini.

CH UP / DOWN Seperti yang dijelaskan dalam topik berikut, setelah menekan ➥ kunci yang diprogram, tekan [CH Up] atau [CH Down] untuk memilih opsi, pengaturan, dan sebagainya. ZONE Tekan tombol ini, lalu pilih zona yang diinginkan dengan menekan ➥ [CH Ke Atas] atau [CH Ke Bawah].

Apa itu "zona"? - Saluran tertentu dikelompokkan bersama dan ditugaskan ke zona, sesuai dengan tujuan penggunaannya. Misalnya, ‘Staf A’ dan ‘Staf B’ ditugaskan ke zona "Bisnis", dan ‘John’ dan ‘Cindy’ ditugaskan ke zona "Pribadi".

PINDAI MULAI / BERHENTI
Tekan untuk memulai dan membatalkan pemindaian. ➥ Untuk memilih grup pemindaian, tahan tombol ini untuk menampilkan groups grup pemindaian, kemudian tekan [CH Naik] atau [CH Bawah] untuk memilih grup yang diinginkan.

SCAN ADD / DEL (TAG)
Push untuk menambahkan saluran saat ini, atau menghapusnya dari, ➥ grup pemindaian. 1. Tahan untuk menampilkan grup pemindaian, lalu tekan [CH Naik] atau [CH Bawah] untuk memilih yang diinginkan. 2. Tekan untuk menambahkan saluran ke, atau menghapusnya dari, kelompok pemindaian yang dipilih. 3. Tahan untuk keluar dari mode pemilihan daftar pindai. Ketika pemindaian dijeda pada saluran non-prioritas, ➥ tekan tombol ini untuk menghapus saluran yang dipilih dari grup pemindaian.

CHANNEL PRIORITAS A (Prio A), CHANNEL B (Prio B)
Push untuk memilih saluran Prio A atau Prio B.➥

PRIORITAS A (Prio A) CHANNEL (REWRITE), PRIORITY B (Prio B) CHANNEL (REWRITE) Tekan untuk memilih saluran Prio A atau Prio B. ➥ Tahan ➥ [Prio A (Tulis ulang)] atau [Prio B (Tulis ulang) ] untuk menetapkan saluran operasi ke Prio A atau Prio.

SALURAN MEMORY 1, 2, 3, 4
Tekan untuk langsung memilih saluran memori 1, 2, 3, atau 4.➥

MONI
Tahan untuk membatalkan bisu CTCSS (DTCS).) • Transceiver memasuki mode “Audible”. Tekan untuk mematikan fungsi .➥

LOCK
Tekan dan tahan hingga “LOCK ON” ditampilkan untuk mengunci semua ➥ kunci yang dapat diprogram kecuali [Moni], [Surveillance], [Siren], dan [Shift]. Untuk mematikan fungsi Kunci Kunci, tahan hingga ➥ “LOCK OFF” ditampilkan.

TINGGI / RENDAH
Push untuk memilih pow-output output sementara.
C.Tone CH ENT Push untuk masuk ke mode Pemilihan Nada Berkelanjutan. ➥ Tekan [CH Up] atau [CH Down] untuk memilih frekuensi nada atau kode DTCS.

BICARA SEKITAR
Push untuk menghidupkan atau mematikan fungsi Talk Around. ➥ • Fungsi Talk Around menyamakan frekuensi transmisi ke frekuensi terima untuk komunikasi transceiver-ke-transceiver.

WIDE / NARROW
Tekan untuk beralih lebar passband saluran antara ➥ lebar dan sempit

Next pada sambungan berikutnya di Cara Setting Radio HT ICOM V88 Bag.2
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar