fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Cara Setting Repeater Radio HT Kenwood TH-K20

Cara Setting Repeater Radio HT Kenwood TH-K20 - Imbas merebaknya Virus Covid 19 (Novel Coronavirus) posko pengaman wilayah daerah yang saya tempati jadi kebanjiran permintaan para petugas di lapangan untuk meng-koneksikan perangkat komunikasinya dengan repeater yang tersedia. Agak sibuk memang dengan ulah virus satu ini, namun semoga saja Allah SWT segera mengangkat lagi ini virus ketempat peraduannya yang terakhir....Aamiin.


Cara Setting Repeater Radio HT Kenwood TH-K20 ini saya postingan atas dasar kebutuhan komunikasi diatas, pasalnya tugas kali ini di lapangan tak bisa mengandalkan komunikasi secara langsung atau direct antar perangkat. Area dari pelabuhan satu ke pelabuhan lainnya dan ke posko induk harus berkomunikasi lewat repeater.


Kalau yang sudah terbiasa dengan seting perangkat TH-K20 ini tergolong mudah, namun kebanyakan di daerah saya sekarang yang punya Radio HT Kenwood dengan type TH-K20 ini buta setting. Alasannya mereka takut malah settingan yang ada jadi berubah alias perangkatnya tidak bisa bekerja seperti semestinya. Berikut adalah langkah Setting Repeater Radio HT Kenwood TH-K20 :

- Langkah awal dari memasukan frekuensi repeater yang ada adalah dengan mengetahui Frekuensi berapa yang digunakan, simplex/dumplex berapa alias Offset berapa dan menggunakan selisih (-) Min apa (+) Plus.

- Contoh kita menggunakan frekunsi RX 143.400 dengan Offset - 1.200. Maka akan didapat Frekwensi selisihnya adalah 142.200. 142.200 Mhz ini adalah repeter ketika transmit (TX).

- Ketika Frekuensinya sudah didapat silahkan Tekan tombol MENU dan putar rotari untuk menemukan posisi OFFSET. Setelah offset didapat lalu Tekan Tombol F, silahkan isikan 1.200 tadi. Setelah itu lalu keluar.

- Untuk menentukan (-) atau (+) nya kita hanya disuruh menekan Tombol Angka 7 (SHIFT), silahkan pilih (-).

Untuk menyimpan settingan yang telah kita seting adalah dengan cara menekan Tombol F lalu Tekan Tombol MR hingga berkedip angka CH kecil dipinggir display sebelah kanan. Putar rotari untuk menyimpan di Ch berapa sesuka kita. Setelah itu silahkan tekan tombol MENU untuk men-save setingan tadi.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Posting Komentar