fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Gurat Atau Gelang Ke 3 Begitu Penting Dalam Blog Rapi Serui

Gurat Atau Gelang Ke 3 Begitu Penting Dalam Blog Rapi Serui - Kebanyakan resistor yang umum di gunakan oleh pemula dalam eksperimennya adalah resistor yang mempunyai 4 gurat atau 4 gelang, maka daripada itu saya utamakan dalam bahasan yang masih bergelut dalam tema mengenal komponen resistor ini adalah Resistor 4 Gelang Warna. 

Gurat Atau Gelang Ke 3 Begitu Penting Dalam Blog Kang Erend

Rumus atau cara menghitung nilai resistor 4 warna pada dasarnya sama dengan cara menghitung nilai resistor yang 5 gelang atau 6 gelang warna. Dalam penghitungan nilai resistor 4 gurat warna , kode warna dalam gurat ke 3 akan sangat begitu penting karena disitulah kita bisa menentukan atau menjumlahkan nilai dari resistor tsb. 

Pada bahasan sebelumnya di dalam tutorial Cara Parktis Menghitung Nilai Resistor telah kita berikan contoh cara penghitungannya.Yang perlu saya perjelas dan dikumplitkan adalah nilai dari gurat/gelang ke 3 itu. Simak baik-baik cara praktis dan cepat memahami resistor dengan 4 gelang warna ini; 

Setiap Resistor 4 gelang warna dengan gelang ke 3 berwarna : 
Emas = pasti nilainya adalah Satuan dalam Ohm 
Hitam = pasti nilainya adalah Puluhan dalam Ohm 
Coklat = pasti nilainya Ratusan dalam Ohm 
Merah = pasti nilainya Satuan dalam Kilo (K) 
Orange/Jingga = pasti nilainya adalah Puluhan dalam Kilo 
Kuning = pasti nilainya adalah Ratusan dalam Kilo 
Hijau = pasti nilainya adalah Satuan dalam hitungan Mega (M) 

Artinya ini bila kita menjumlahkan nilai resistor 4 gurat warna ini, nilai pangkat dari gurat warna ke 3 harus kita kuasai betul. Semisal gurat ke 3 dengan warna Hijau maka 5 nol dibelakang angka gelang ke 2 harus kita tambahakan atau kalikan dengan 105. Untuk nilai Toleransi dan Nilai Angka ke 3 anda bisa kunjungi postingan Mari Mengenal Kode Warna Pada Resistor. Pada postingan itu saya kasih lengkap tabel-nya.

Contoh :

Gelang ke 1 : Coklat = 1 
Gelang ke 2 : Hitam = 0 
Gelang ke 3 : Hijau = (5 nol dibelakang angka gelang ke 2)
Gelang ke 4 : Perak = Toleransi 10% 
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads