-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Kapasitor Variabel Trimmer - Bagi kita yang biasa berkecimpung pada dunia elektronika, terutama dunia elektronika komunikasi mungkin dengan barang satu ini tak asing lagi yakni Trimmer. Kapasitasnya dan fungsi trimmer sama dengan kafasitas dan fungsi kapasitor biasa hanya trimmer kapasitor kafasitasnya bisa diubah-ubah dengan memutarkan besinya dengan obeng trim sesuai kebutuhan.

Kapasitor Variabel Trimmer

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang Kapasitor Variabel Trimmer ini alangkah baiknya kita buka postingan terdahulu mengenai komponen elektronika agar kita bisa mengetahui fungsi dan kegunaan dari komponen elektronika tsb. Disana sudah kita bahas tetang Mengenal Kondensator atau Kapasitor Lebih Dekat Lagi dan Masih Mengenal Fungsi Capasitor (Kondensator). Tiga artikel ini berkesinambungan atau saling terkait.

Ada 2 jenis kondensator atau kapasitor yang variable, artinya kondensator yang bisa diubah-ubah kapsitasnya. Yakni kita menyebutnya dengan Varco atau Variable Capasitor dan satunya lagi Trimmer Condensator. Pada postingan selanjutnya akan kita bahas cara membuat trimmer dari kaleng bekas celengan, Insya Alloh.

Variabel Condensator (Varco) ini kebanyakan terbuat dari logam terbungkus plastik atau keramik dan mempunyai kapasitas maksimum sekitar 100 pF (pikoFarad) sampai 500 pF (100pF = 0.0001µF). Kondensator variabel dengan spul antena dan spul osilator berfungsi sebagai pemilih gelombang frekuensi tertentu yang akan ditangkap atau dipancarkan.

Lambang gambar untuk Variabel Condensator (Varco) pada skema elektronika
Kapasitor Variabel Trimmer
Sedangkan Kapasitor Variabel Trimmer dipasang paralel dengan variabel kondensator berfungsi untuk mengatur pemilihan gelombang frekuensi tersebut. Kondensator trimer mempunyai kapasitas di bawah 100 pF (pikoFarad). 

Lambang gambar untuk Kondensator Trimer pada skema elektronika
Kapasitor Variabel Trimmer

Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar