-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengapa Antena Radio Harus Dihitung, Padahal Cuma Satu? - Kalaupun cuma satu, antena radio tetap harus dihitung, karena matching-nya sebuah antena pada frekuensi kerjanya adalah hasil perhitungan yang tepat dari rumus antena. Lalu bagaimana Cara Menghitung Antena Radio?

Yap Gan membicarakan seputar radio tak akan luput dari seputar Antena. Apapun itu yang berhubungan dengan Receiver tau Transmitter pasti ujung-ujungnya pada Antena. Antena bisa dikatakan merupakan satu bagian yang paling penting dalam urusan radio. Televisi bisa menerima gambar karena adanya Antena, begitu pula dengan Radio bisa menerima suara karena adanya Antena.

Antena Radio

Hakikat Antena secara umum adalah berupa sebatang logam atau kawat yang berfungsi menerima atau memancarkan isyarat gelombang radio atau televisi. Artinya disini bahwa antena bisa punya dua berfungsi sebagai penangkap dan pemancar.

Kuat tidaknya trasmitter yang kita punya bisa bergantung harapan pada antena yang bagus. Begitupun sebaliknya, bagus dan jernihnya penerimaan kita tergantung dari antena yang matching. Bila membicarakan gelombang radio maka antena bisa tergantung dari beberapa paktor

1. Propagasi
2. Posisi Antena dan Posisi Stasiun Pemancar
3. Lingkungan
4. Lebar Bandwidth
5. Power atau Kekuatan Pancaran

Hal-hal mubajir dan merupakan pemborosan yang seringkali kita lakukan dengan sadar saat punya keinginan memancarkan transmitter kita pada lawan bicara kita adalah memperbesar power tanpa memperhitungkan Antena. Padahal Antena  memegang peranan vital atas komunikasi yang sukses.

Next .... >>> Rumus Antena
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment