-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengenal Dan Memahami Motherboard Komputer - Komputer Game (komputer gaming), komputer kerja ringan biasa, laptop dan destop tidak lepas dari papan induk yang populer dengan sebutan MB - Motherboard - Mainboard. Motherboard sama juga dengan mesin unit elektronika lainnya terbuat dari bahan dasar plastik fiber yang disebut PCB atau Printed Circuit Board. Artinya PCB ini merupakan papan elektronik standar yang biasa digunakan dalam sistem elektronika.

Mengenal Dan Memahami Motherboard Komputer

Dipasaran ada begitu banyak pilihan Mainbord beragam merek dan harga, dari yang murah hingga berharga mahal. Tentu dengan banyaknya pilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan kerja kita. Khusus untuk penggemar game ada Motherboard Intel Asus ROG Maximus XI Code Z390 Gaming dan lain-lain. Namun kita bukan untuk menawarkan MB, seperti judul diatas bahwa kita mau mengenal lebih dalam bagian yang ada pada sebuah papan MB tersebut.

Untuk membangun Computer Personal Unit (CPU)), kita memerlukan sebuah Mainboard. MB ini yang merupakan induk dari sebuah unit komputer. Mainboard kelas atas, sedang dan kelas rendah bagiannya sama, yang membedakan hanya spesifikasi dan "fasilitas" yang diberikannya saja. Pada umumnya Motherboard terdiri dari berbagai macam socket dan juga slot, seperti slot PCI, slot SATA, Socket LAN, dan berbagai macam lagi jenis socket lainnya. Bagian-bagian tersebut telah saya tandai dengan Alfabet huruf atau abdjad.

A. CPU Soket
Bagain ini terdiri dari Prosesor,pendingin prosesor dan blower dc.

B. Northbridge (Ada yang berpendingin juga tidak)
Northbridge ada juga yang menyebutnya Host Bridge adalah salah satu dari dua chip dalam arsitektur chipset logika inti pada motherboard Personal Komputer.

C. DRAM Memory Slots
Soket-Slot Memori (Slot RAM) yaitu tempat untuk menyimpan atau memasukan Memori Komputer (RAM) kedalam komputer. Slot memori ini tergantung dari si pembuat papan induk dan tentunya menyesuaikan dengan dasar kebutuhan untuk kerja apa papan induk ini dibuat. Ada yang punya 2 Slot hingga 4 Slot RAM. Jenis RAM yang paling umum yaitu SDRAM dan DDR untuk komputer desktop dan SODIMM untuk komputer laptop, tentunya denganberbagai kecepatan.

D. Soket Power Konektor
Soket ini menghubungkan semua komponen yang memerlukan catu daya, yang ada pada sirkuit Motherboard dengan Power Supply. Fungsi Power Supply dalam komponen komputer sangat vital, power suplly yang bagus menentukan kualitas kerja optimal sebuah PC.

E. AGP Slot  (Accelerated Graphics Port)
Accelerated Graphics Port adalah port atau soket yang diperuntukan bagi kartu video (VGA Card) dan akselerator 3D.. Pelopor Port AGP ini adalah Intel yang diperkenalkan mulai AGustus 1997. AGP memperkenalkan saluran point-to-point khusus yang memungkinkan pengontrol grafis akses langsung ke memori sistem.

F. PCI Slot (Peripheral Component Interconnect)
Slot PCI atau (Peripheral Component Interconnect) yaitu alat penghubung untuk bus komputer 32-bit. Alat-alat ini dibangun pada motherboard komputer untuk anda bisa menambahkan perangkat PCI seperti modem, perangkat keras jaringan atau Sond Card dan Video Card.

H. Baterai Bios atau Backup Battery Slot PC
Kita sering menyebutnya dengan Baterai Bios, baterai ini berfungsi untuk memberikan daya pada settingan memori konfigurasi ( CMOS), termasuk setingan (jam) waktu dan tanggal pada komputer.

I. SATA Hard Drive Slot
J. Control Power On - Restart dan USB panel depan.
K - L - M - N- O. Connectors for Peripherial, Serial Ports, USB Dll.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar