-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Mengenal Kode Warna Pada Resistor

Mari Mengenal Kode Warna Pada Resistor - Pada postingan sebelumnya saya sudah menjanjikan mau memberikan tips termudah menghitung nilai Resistor. Namun cara ini sebenarnya bagian dapur dari Blog Kang Erend, artinya sangat rahasia dan tidak pernah saya bagikan pada siapapun. Namun demi blog ini yang punya misi berbagi maka saya admin blog tergerak hati untuk ikhlas. Lagian ada moto yang mengatakan bahwa ilmu yang terbagi tak akan berkurang malah akan bertambah-tambah.

Mari Mengenal Kode Warna Pada Resistor

Namun sebelum kita menginjak pada tips Cara Tergampang Menghitung Resistor kita harus mengenal dulu kode warna yang menjadi inti nilai sebuah resistor axial. Dalam sebuah resistor axial biasa terdapat 4 gurat warna, 5 gurat dan 6 gurat warna. Namun dasar untuk pintar dalam perhitungan nilai resistor ini kita tetap harus mengingat diluar kepala kode dari warna resistor ini. Warna dalam sebuah resistor menunjukan peringkat dari nilai resistor itu sendiri.

Kode Warna Resistor (R)

Warna Nilai
Hitam (black)
0
Coklat 1
Merah 2
Jingga 3
Kuning 4
Hijau 5
Biru 6
Ungu 7
Abu Abu 8
Putih 9

Nilai Angka Gelang Warna Ke 3


Warna Nilai
Hitam
x1
Coklat x10
Merah x100
Jingga x1000
Kuning x10000
Hijau x100000
Biru x1000000
Ungu x10000000
Abu Abu x100000000
Putih x1000000000


Nilai Toleransi

Warna Nilai
Hitam
N/A
Coklat ±1%
Merah ±2%
Jingga ±3%
Kuning±4%
Hijau ±0.5%
Biru ±0.25%
Ungu ±0.10%
Abu Abu ±0.05%
Putih N/A
Emas ±5%
Perak ±10%

Tips mengingat kode warna dengan mudah dan cepat dihafal adalah memberi nilai (value) pada setiap warna yang ada dilingkungan kita. Misalkan di kamar atau tempat kerja agan ada kalender atau gambar berwana Merah kita kasih nomer (nilai) dengan 2. Begitu juga untuk warna-warna yang lain. Nach setelah agan menguasai betul Kode Warna untuknilai Resistor ini, silahkan kasih tahu saya di kotak komentar blog ini agar saya bisa melanjutkan Tips Cara Mudah Mengetahui Nilai dari sebuah Resistor axial.

Next pada >>>
- Resistor Micron
- Kalkulator Kode Resistor 4 Warna
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment