fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengenal TAG Sebagai Dasar Bahasa HTML - Melanjutkan postingan yang tertunda dengan tema Membuat Situs Web Gratis dengan mudah. Sedikit fungsi dan manfaat web atau blog telah saya bahas pada artikel terdahulu tsb. Jika anda penasan silahkan untuk membaca ulang postingan berjudul Dasar Dasar HTML. Diharapkan dengan membaca artikel tsb.kita bisa paham, karena artikel kali ini adalah sambungan dari artikel terdahulu itu.

Mengenal TAG Sebagai Dasar Bahasa HTML

Kita ulang kembali bahwa HTMl adalah sebuah ekspektasi dari bahasa markup yang digunakan untuk membangun halaman web atau blog yang menampilkan informasi di dalam penelusuran mesin web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. 

TAG
Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up atau memoles teks American Standard Code for Information Interchange (ASCII) sehingga dapat membentuk file HTML. Setiap TAG dalam bahasa HTML mempunyai fungsi tersendiri dan selalu dimulai dengan tanda "<" misalnya <p>, <button>, <center> dan lain sebagainya.

Tag akan bernilai dan bermakna ketika diakhiri dengan penutup Tag untuk menutup tag pembuka atau tag sebelumnya. Tag penutup tidak selamanya harus diletakan satu baris dengan tag pembuka, artinya tag penutup ini bisa diletakan dimana saja asal dengan tanda penutup yang selalu memakai "</" dan diakhiri dengan tanda ">", contohnya seperti ini "</p>".

Secara lengkap kita contohkan pada alinea Comment Policy pada template saya;
"<p><b>Comment Policy:</b></p>Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui."

Penyisipan tag <p> dan </p> adalah pemberian alinea agar tulisat Comment Policy tidak menyatu dengan tulisan "Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.". Demonya silahkan anda lihat pada tulisan yang ada diatas kotak komentar blog ini.

Tag-Tag yang memiliki pasangan penutup bersifat ovveride atau dapat menimpa fungsi tag yang sudah sebelumnya. Kita contohkan pada teks yang sudah kita buat tebal dengan tag <b> dan </b> dapat ditimpa dengan tag <i> dan </i> hingga akhirnya akan menghasilkan teks tebal dan miring. Kita contohkan lagi pada penulisan teks berikut;

<b>Comment <i>Policy</i></b> maka tulisannya akan seperti ini Comment Policy

Meski kebanyakan tag bersifat ovveride, namun dimomen tertentu ada penulisan tag yang tidak ovveride seperti penulisan <BR> dan pentupnya </BR> atau penulisan <INPUT> dan penutup </INPUT>.

Sebagai catatan yang perlu kita perhatikan bahwa penyisipan tag penutup yang salah alias tidak benar akan mengakibatkan tampilan yang tidak karuan atau tampil tidak diharapkan. Hal ini bisa terjadi bila kita membuka browser pada netscape versi 3.0 atau versi dibawahnya. Ctatan kedua sebagai penutup bahasan adalah penulisan tag-tag html dapat ditulis dengan huruf kecil ataupun besar karena browser tidak akan peduli akan hal ini, contoh <BR> atau dengan huruf kecil <br>.

Akhirul kata moga dengan tulisan ini ada pencerahan untuk kita semua tentang TAG, HTML sebagai bahasa koding dalam membuat web atau blog ini. Insya Allah pada kesempatan selanjutnya akan kita bahas mengenai ATRIBUT TAG.

Happy Blogging ! 
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Posting Komentar