-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Penetapan Skala Kalibrasi Oskerblock SWR-200B 3 MHz to 200 MHz - Berawal dari pertanyaan sahabat saya di mesenger grup fb bagaimana caranya menyetel kalibrasi pada SWR Oskerblock 200B kepunyaannya, sementara yang mau dia ukur adalah power output HT yang kisaran 5 Watt-an. Harus diposisi skala kalibrasi berapa untuk power output 5 Watt ?

Penetapan Skala Kalibrasi Oskerblock SWR-200B 3 MHz to 200 Mhz

Sebelumnya saya juga pernah posting tentang kakaknya SWR Oskerblock 200B ini yakni pada post terdahulu di SWR Oskerblock SWR-200. Namun itupun cuma diulas tentang spesifikasinya saja. 2 model SWR buatan Oskerblock ini memang sama persis cuma beda warna saja. SWR 200 punya warna putih sedangkan yang SWR-200B punya warna hitam. Punya 2 alat ukur yakni POWER dan SWR dengan 1 putaran potensio kalibrasi.

SWR dari Oskerblock ini memang punya kinerja diandalkan, bagaimana tidak saya punya SWR-200 tsb.sampai sekarang masih bisa digunakan. Padahal sudah hampir 20 tahun saya memegangnya. Fungsi SWR pada umumnya sama yakni untuk mengukur kekuatan power sebuah perangkat transmitter,mengukur kerugian yang ditimbulkan sebuah antena (forward/pantulan) dan pencocokan impedansi. 2 dari SWR buatan Oskerblok ini hanya minus sakelar Switch Power, namun punya keunggulan dengan penambahal tombol saklar untuk memilih impedansi 75Ω atau 52Ω hal ini berguna untuk stasiun radio seluler yang menggunakan kabel saluran transmisinya 75Ω.

Lalu bagaimana caranya untuk Penetapan Skala Kalibrasi Oskerblock SWR-200B 3 MHz to 200 Mhz atau SWR Oskerblock SWR-200 ini?  Mungkin skala atau tabel dibawah ini bisa dipakai rujukan untuk menetapkan skala kalibrasi untuk pengukuran tadi.

Oskerblock SWR-200B/200

Ada pertanyaan seputar SWR Oskerblock ini silahkan tulis pertanyaan anda pada kolom komentar.
Moga bisa bermanfaat, salam RAPI !
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

3 comments

  1. klo mau mengecek power dan SWR DI frek 107.7 Mhz Kalibrasinya diposisi berapa....?

    ReplyDelete
  2. klo mau mengecek power dan SWR DI frek 107.7 Mhz Kalibrasinya diposisi berapa....?

    ReplyDelete
  3. @Basrul H
    SWR Oskerblok ini memang beda dengan swr biasa yang pada skala powernya sudah diberi batasan oleh saklar. Sementara SWR ini agak susah menentukan power apalagi bila perangkat yg akan diukur dicurigai finalnya bermasalah. NAmun dengan skala (gambar) diatas moga bisa membantu karena Fekuensi 107.7 Mhz masih dalam jangkaunya swr ini.
    Makasih sudah berkunjung, salam erat persahabatan dari saya.

    ReplyDelete