-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Pengertian dan Fungsi Fuse (Sekering) - Saya sendiri lebih familiar dilidah dengan menyebutnya sikring, padahal kalau di Inggris disebut Fuse. Beda lagi dengan di Jakarta yakni Sekering, padahal kalau melihat dari fungsi dan pengertiannya sama yakni pengaman listrik. Pengaman untuk memberikan perlindungan terhadap arus yang berlebihan. Bahan utamanya adalah selembar kawat atau strip logam yang akan putus atau meleleh bila menerima arus berlebih tsb.


Fuse atau Sekering yang terlihat dalam gambar adalah berbagai jenis sekering (cuma 4 jenis saja koq bilang berbagai :P) yang biasa sering kita temukan atau butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Fuse bisa memberikan rasa aman ketika kita memasangnya pada perangkat audio mobil. Admin punya pengalaman buruk dan hampir saja celaka ketika audio mobil bosku tidak memakai sekering ini. Ada konslet yang hampir saja membakar seluruh mobil, untungnya tegang plus (+) dari accu mobil bisa "dilepas" dengan paksa.

Fuse atau Sekering banyak digunakan sebagai alat pengaman yang teramat penting sejak awal rekayasa listrik. Seperti kita ketahui ada banyak ratusan bahkan ribuan jenis sekering yang berbeda yang memiliki peringkat arus dan tegangan tertentu, kemampuan memutuskan diri sendiri dan waktu respons, tergantung pada aplikasi. Waktu dan karakteristik operasi sekering saat ini dipilih untuk memberikan perlindungan yang memadai hingga kitapun bisa terhindar dari kerugian yang lebih besar..

Jelas bahwa Fungsi dari sebuah Fuse atau Sekering adalah memberi perlindungan dari hubungan singkat, kelebihan beban, beban tidak cocok, atau kegagalan sistem dari salah satu perangkat. Ada jenis sekering yang punya kemampuan melepaskan daya secara otomatis yang disebut Automatic Disconnection of Supply (ADS). Pemutus sirkuit dapat digunakan sebagai alternatif untuk sekering, tetapi memiliki karakteristik yang sangat berbeda.

Fuse atau Sekering dibuat dengan perkabelan yang telah ditentukan menurut standar Internasional. Peraturan pengkabelan biasanya menentukan peringkat arus sekering maksimum untuk sirkuit tertentu. Standar Internasional untuk Sekering bisa anda buka pada referensi Wikipedia berikut :

- https://en.m.wikipedia.org/wiki/Fuse_(electrical)
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar