-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Power Supply 40A RTVC PV-4310 Tidak Bisa di Adjust

Power Supply 40A RTVC PV-4310 Tidak Bisa di Adjust - Jangan panik dolo karena bila anda mengalami hal dengan kasus yang telah saya sebutkan pada judul postingan ini, maka bisa jadi kasus anda bisa kelar hanya dengan uang sekitar Rp.5000,00 saja.

 Power Supply 40A RTVC PV-4310 Tidak Bisa di Adjust

Anda bukan seorang TUSER atau tukang serpis elektronika? Ya, meskipun bukan seorang tuser namun setidaknya bila anda sudah membuka postingan-postingan saya terdahulu, anda ada keberanian untuk bisa memperbaikinya sendiri karena dalam blog ini sudah saya bahas tentang pengenalan komponen elektronika dan dasar elektronik praktis.

Kenapa Power Supply dengan merek RTVC ini begitu diminati di daerah saya terutama rekan-rekan penggemar radio komunikasi. Alasannya karena RTV ini mampu bekerja sempurna dan jarang rewel. Kalaupun "batuk-batuk" biasa hanya masalah kecil saja, artinya kita jarang mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan Power Supply RTVC ini.

Kita ulas sedikit spesipikasi dari Power Supply 40A RTVC PV-4310 ini :
Input : 220V
Output Voltage ( V) : 13, 8V ( 6V-16V ADJ)
Output Current ( A) : 28A ( AT 13, 8V)
Daya : 40A Pemakaian Daya : 650VA
Dimensi: 32,5 x 22 x 14,2 cm

Komponen Dasar dari Rangkaian Regulator/Power Supply RTVC 40 A :
1. IC LM 324 (IC ini biasanya diampelas hingga nomernya terhapus)
2. Transistor C 1815
3. Transistor D313/TIP41
4. Transistor Jengkol 2N3055 sebagai final PS.

Ketika potensio Adjust tidak berfungsi kecurigaan awal saya tertuju pada Dioda Bridge yang konslet atau Elko yang mulai kering, hingga tegangan input DC dari traponya mentok pada tegangan 11,2 Volt saja. Namun ketika saya ukur pada Input ke rangkaian Power Supply-nya masih normal yakni sekitar 20V-an.

Power Supply RTVC

Saya selalu berpikir praktis ketika memang biaya menjadi pertimbangan. Ketika analisa dari bab diatas meleset, saya langsung pada Transistor bufer C1815. Saya ukur dengan avometer ternyata kaki emitor dan colektornya sudah konslet. Harga TR tsb.ditempat saya sekarang hanya Rp.5000,00 saja. Saya langsung menggantinya dengan yang baru. Saya cek, langsung Power Supply RTVC 40A saya sudah bisa bekerja lagi secara nornal.

Penyakit Power Supply RTVC

Next >>> Diagram Skematik Catu Daya RTVC PV-4310
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment