-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Power Supply Unit CPU - PSU Komputer - Setiap unit (perangkat) atau sirkuit elektronika pasti memerlukan Catu Daya atau Power Supply untuk bisa bekerja. Radio bisa hidup karena adanya baterai, mobil atau kendaraan bisa bergerak karena ada accu sebgai pemicu stater mesin. Begitu juga dengan komputer, komputer pc, laptop bisa menyala karena adanya power supply ini. Pada postingan awal telah saya bahas mengenai perakitan sebuah Personal Komputer, power supply ini termasuk pada bahan dan alat untuk pembuatan pc tsb.

Power Supply Unit CPU - PSU Komputer

Dipasaran Indonesia banyak dijual dengan berbagai merk,kelas dan tipe. Power Suplly kelas pekerja sedang dan kelas pekerja tinggi sepertiuntuk komputer gaming. Beragam pula dengan harganya, power supply kelas sedang harganya jauh lebih murah daripada power supply pekerja keras. Kelas pekerja sedang bisa saya pakai merk SPC, ATX, Advanche, Power-up, dll.

Apa itu sebenarnya Catu Daya?

Biar pemahamannya lebih mudah, power supply atau catu daya kita definisikan dengan bahasa sederhana saya, yakni  satu unit perangkat elektronika dengan segerombolan komponennya yang berfungsi sebagai pemasok daya ke setiap unit yang berada dilingkungan personal komputer kita. Catu daya yang bisa dipergunakan untuk komputer adalah switching power supply yang mengubah tegangn listrik AC ke arus bertegangan rendah DC. Pemangan catu daya inipun sangat mudah karena kita tinggal colokan soketnya saja pada papan moteherboard.

Pada umumnya power supply PC atau desktop modern telah disesuikan dengan spesifikasi ATX, yang mencakup faktor bentuk dan toleransi tegangan. Power Supply dengan spek ATX memberikan catu daya pada komputer dengan tegangan yang sama meski beda merk, yaitu 5V siaga (5VSB) yang berfungsi pula sebagai penentu keadaan siaga pada komputer dan periferal saat komputer diaktifkan.

Catu daya ATX dihidupkan matikan oleh perintah yang berbentuk sinyal dari motherboard. Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan kapan tegangan DC dalam spesifikasi, sehingga komputer dapat dengan aman dinyalakan dan booting. Standar ATX PSU terbaru adalah versi 2.31 pada pertengahan tahun 2008 silam.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment