-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Avometer Multimeter Multitester - Rapi kan Avometer Multimeter Multitester Juga Fungsi kan Penggunaanya. Judulnya agak kurang rapi tapi tidak mengapa karena yang saya maksudkan adalah mari kita Mengetahui Fungsi dan Cara Menggunakan Avometer. Banyak sieh panggilan kita untuk alat yang tidak dipisahkan dengan para TUSER ini. Ada yang yang menyebutnya Avometer, Multimeter atau Multitester, terserah itu sah-sah saja.

Avometer Multimeter Multitester

- Fungsi dan Pengertian AVOmeter
Yang dikenal dan familiar dengan para TUSER adalah Jenis Avometer dengan skala jarum (Avometer Analog) dan Avometer Digital. Namun keduanya mempunyai fungsi yang sama yakni sebagai alat ukur arus listrik, tegangan listrik, juga hambatan  listrik. Avometer berasal dari 2 suku kata yaitu AVO dan METER. AVO adalah singkatan dari Ampere Voltage Ohm.

Sejarah mencatat bahwa AVOmeter pertama kali dibuat oleh Winder Coil Otomatis dan Peralatan Listrik Co pada tahun 1923. Untuk merk dagang yang ada di Inggris sekarang multimeter ini dikuasai oleh Megger Grup Limited.

- Bagian Bagian Avometer
1. Scale (Skala Maksimum). Skala Maksimum atau SM merupakan batas nilai tertinggi pada panel.
2. Mirror atau Cermin
3. Pointer atau Jarum meter
4. Zero Correction atau Pengenolan Jarum.
5. Ohm Adjusment.
6. Batas Ukur (BU)
7. Range Selektor.
8. Measuring Terminal / Probe ( + / - )

Rapi kan Avometer Multimeter Multitester Juga Fungsi kan Penggunaanya

- Cara Kerja AVOmeter
Avometer - Multimeter - Multitester ini pada umumnya mempunyai dua buah kabel (kabel merah dan kabel hitam) yang digunakan untuk menghubungkan dengan objek yang akan kita ukur. Jika Avometer biasa akan membaca imformasi angka dengan jarum. Sedangkan Avometer digital akan membaca dengan display angka-angka.

Rapi kan Avometer Multimeter Multitester Juga Fungsi kan Penggunaanya
Ketika kita merapihkan avometer setelah penggunaan, maka jangan lupa untuk mencabut kedua kabel (probe) yang ada. Ini bertujuan untuk menghindari hubungan singkat kabel guna menghemat baterai AVometer. Jika ada fasilitas atau saklar ON/OFF maka matikaan avometer tsb.dengan cara memutarkan atau memijit tombol off. Ketika kita mulai melakukan pengukuran selalu pergunakan Zero Correction atau melihat Zero jarum (posisi jarum di angka NOL) agar pengukuran kita akurat.

Lalu bagaimana Cara Penggunaan Avometer ?

- Mengukur Tahanan atau Resistansi
Pada Avometer Analog ada sebuah Saklar Pemilih, putar saklar ini dan posisikan sesuai dengan kebutuhan. Jika kita akan mengukur Resistor atau Tahanan maka sklar pemilih ini harus pada posisi Ohm (symbol: Ω). Biasanya pada Avometer Analog terdapat skala Ohm yakni X1, X10, 1K dan10K (bisa punya skala lebih atau kurang dari yang saya sebutkan diatas,tergantung merk Avometer). Ada juga Avometer yang dipasilitasi buzer pada sakala Ohm meternya, jika kita ukur menggunakan skala Buzer maka rangkaian yang terhubung singkat akan mengeluarkan tanda bunyi.

- Mengukur Tegangan DC atau AC
Dalam setiap pengukuran tegangan DC harus kita perhatikan Scale atau Skala Maksimun, pasalnya bila tegangan yang akan kita ukur ternyata lebih besar dari Scale Avometer maka yang terjadi adalah rangkaian Avometer kita bisa jebol atau minimal patah jarum karena benturan keras. Dalam mengukur tegangan DC jangan lupa juga terminal + dan - nya. Beda dengan pengukuran tegangan AC, meskipun kabel hitam merah avometer terbalik tidak akan menyebkan bencana terhadap Avometer itu sendiri. Mengukur tegangan ini kita diharuskan memilih posisi tegangan tertinggi pada scale avometer guna meminimalisi kerusakan pada AVometer.

Ok Guys, untuk pengukuran-pengukuran terhadap alat-alat lain bisa anda pelajari selanjutnya, saya hanya memberi gambaran dasar Avometer yang tujuannya hanya sebagai perkenalan terhadap alat-alat yang biasa dipunya TUSER atau tukang serviec. Selebihnya bila ada kekurangan Insya Allah akan kita tambahkan pada postingan selanjutnya. Selalu Rapi kan Avometer Multimeter Multitester Juga Fungsi kan Penggunaanya.

Sumber:
wwwdotrapiseruidotcom
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment