fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp

Sejarah Radio Citizen Band (CB)

Sejarah Radio Citizen Band (CB) - Postingan kali ini masih ada sangkutan dengan seputar cikal-bakal lahirnya RAPI, namun kita akan melangkah lebih kebelakang lagi. Menggali Sejarah Radio Citizen Band atau kita menyebutnya dengn sebutan singkat CB.

Citizen Band nun jauh di Amerika sana mulai dikenal sejak tahun 1958. Radio CB resmi dilegalisir penggunaanya sebagai alat Komunikasi Antar Penduduk (para Chers). Federal Communications Commission (FCC) sebagai pengelola sekaligus bertugas mengendalikan dan membina para penggemarnya yang semakin banyak.



Sejarah Radio Citizen Band (CB)

Layanan radio CB dibuat pada tahun 1945 oleh Komisi Komunikasi Federal (FCC), yang menetapkan sebagian spektrum radio untuk digunakan oleh warga biasa untuk komunikasi pribadi. Menurut FCC, “Citizens Band Radio Service (CB) adalah layanan komunikasi suara pribadi dua arah, jarak pendek untuk kegiatan pribadi atau bisnis.

Layanan Radio CB juga dapat digunakan untuk paging suara. "Meskipun definisi tersebut mengutip komunikasi "pribadi", selama percakapan kejayaan CB mereka sama sekali tidak bersifat pribadi, yang bagi banyak orang merupakan berkah atau kutukan.

Frekuensi CB yang awalnya ditetapkan oleh FCC pada tahun 1940-an sulit untuk dijangkau oleh sebagian besar pengguna biasa. Selanjutnya, frekuensi sekitar 27 megahertz (MHz) ditetapkan untuk penggunaan CB oleh FCC pada tahun 1958. Pada tahun yang sama, FCC menunjuk 23 saluran untuk penggunaan CB.

Ini diperluas kemudian ke 40 saluran yang digunakan sekarang. Satu saluran secara hukum dicadangkan untuk tujuan spesifik yang sama dengan 9-1-1 digunakan untuk telepon. Saluran 9 (27.065 MHz) secara hukum hanya dapat digunakan untuk meminta bantuan dalam keadaan darurat atau "bantuan perjalanan."F

Sampai tahun 1982, pengoperasian radio CB memerlukan lisensi FCC. Persyaratan itu dihentikan, dan siapa pun dapat menggunakan radio CB - selama mereka menggunakan peralatan yang disetujui FCC. Radio CB menjadi sangat populer pada pertengahan hingga akhir 1970-an karena kombinasi peralatan yang lebih murah dan paparan budaya pop melalui lagu, film dan program televisi.

Film Smokey And Bandit yang dirilis pada tahun 1977, dan menjadi film terlaris ke-3 hingga menduduki Box Office saat itu. Film laga yang tak kalah seru tentang radio CB ini adalah Film Breaker! Breaker! yang dibintangi Chuck Norris.

Radio CB ada di mana-mana saat itu, radio ini tidak hanya digunakan oleh pengemudi truk, tetapi banyak orang yang ingin mendengarkan apa yang terjadi di jalan raya dan jalan raya Amerika Serikat.

Alternatif untuk Radio CB

Popularitas radio CB memudar, sebagian besar karena teknologi baru yang menyediakan berbagai fitur dan peningkatan. Tentu saja, telepon seluler adalah pesaing terbesar CB. Ponsel dapat digunakan untuk berbicara dari pantai ke pantai, dibandingkan dengan radio CB, yang memiliki jangkauan terbatas (komunikasi lokal).

Ponsel juga memungkinkan Anda melakukan percakapan pribadi, sementara percakapan CB dapat didengar oleh siapa pun dalam jangkauan yang mendengarkan di saluran/frekuensi tertentu. Ponsel dengan aplikasi lalu lintas dan cuaca memberikan informasi tentang kondisi jalan. Ponsel dengan navigasi GPS (atau sistem GPS yang berdiri sendiri dan terpisah) menyediakan informasi penting itu.

Detektor radar (atau aplikasi) memperingatkan penggunaan radar penegakan hukum di dekatnya. Meskipun demikian, meskipun digunakan secara luas dan populer, ponsel dan peningkatan teknologi lainnya belum sepenuhnya menggantikan radio CB

Siapa Pengguna Radio CB dan Mengapa?

Radio CB telah digunakan oleh pengemudi truk selama beberapa dekade, tetapi mereka juga digunakan oleh off-roader, pemilik RV, mereka yang mengendarai sepeda motor dan penggemar. radio CB lainnya. CB dapat digunakan untuk menjaga kelompok tetap teratur dan tetap terhubung selama acara berlangsung.

Faktanya, CB digunakan sebagian besar untuk komunikasi dalam perjalanan, karena penerimaan ponsel tidak dapat diandalkan (atau tidak tersedia) di daerah terpencil. Beberapa pengemudi (baik truk maupun mobil) menggunakan CB untuk mengidentifikasi jebakan kecepatan, meskipun detektor radar yang dipasang di dasbor lebih banyak digunakan daripada dalam beberapa dekade terakhir (meskipun ini mungkin ilegal di beberapa negara bagian).

Pengemudi yang menggunakan radio CB melakukannya karena berbagai alasan: mereka dapat membantu menemukan rute alternatif dalam kemacetan lalu lintas; memperingatkan penyumbatan jalan di depan; memberikan laporan cuaca secara real-time dan peringatan cuaca buruk; memberikan informasi tentang kegiatan penegakan lalu lintas; dan memberikan bantuan dalam kasus kerusakan mekanis atau darurat medis.

Untuk pengemudi yang melakukan perjalanan jauh, radio CB dapat memberikan suara dan percakapan yang nyaman dan membantu yang menstimulasi dan dapat membantu pengemudi tetap terjaga dan waspada.

Sumber:
CB Radios Are Still Truckin
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads