fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Pada artikel tentang komunikasi jarah jauh antara JZ27XD dan JZ30TDF saya singgung sedikit Tentang Balun saya yang lepas. Balun tsb.tidak terkoneksi dengan baik karena dibuat dengan target ingin cepat dipakai halow-halow. Balun yang saya pergunakan adalah balun buatan sendiri dengan konsep balun 1:1. Jangan terpaku pada gambar sampul artikel ini, karena Balun dalam gambar dibawah hanya sebatas gambar sampul artikel yang saya catut dari Google.

Antena HF dengan Balun


- Komunikasi Jarak Jauh di Rapi 27 Mhz

Apa itu Balun, dan manfaat apa yang didapat ketika kita menggunakan Balun pada antena dipole atau antena Long Wire kita? Dengan Balun kita ingin mendapatkan keseimbangan antara impendansi  pemancar dan antena. Balun mampu memberi peran penting untuk sistem Antena HF ini.

Balun adalah kombinasi dua kata yakni Balanced dan Unbalanced atau bila kita artikan kedalam bahasa baku maka Balun adalah adalah perangkat listrik yang mengkonversi antara sinyal seimbang dan sinyal tidak seimbang. Balun dapat memiliki banyak bentuk,tipe dan jenis, yang lazim kita gunakan dalam antena HF adalah tipe Balun 1:1 dan tipe Balun 4:1.

Balun 1:1

Untuk jenis antena Dipole atau Long wire kita menggunakan tipe Balun 1:1, sementara untuk Antena Qubikal dan jenis-jenis antena 1 lambda lainnya pakai balunnya yang 4 : 1. Balun berhubungan erat juga dengan mode-mode umum distorsi pada antena dan perangkat komunikasi. Lalu bagaimana caranya membuat Balun sendiri dengan biaya murah dan bahan yang ada disekitar kita?
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads