-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Cara Kerja Antena Bag.2 - Merancang sebuah antena dengan tepat bagi stasiun pemancar sangatlah diperlukan. Sebab sebuah antena harus bisa kerja memancarkan gelombang dengan efisien tanpa pemborosan daya dan berakibat fatal bagi perangkat pemancar itu sendiri.

Cara Kerja Antena Bag.2

Sebuah Antena yang efisien adalah antena yang dirancang atau dibuat dengan mengacu pada ukuran tepat dengan besaran frekuensi pancarnya. Dalam artian, antena harus proporsional dengan panjang gelombang. Hukm pasti menyebutkann bahwa semakin pendek ukuran antena maka semakin tinggi frekuensi yang digunakan.

Pada pembahasan sebelumnya yakni pada artikel Ulasan Singkat tentang Cara Kerja Antena, saya telah menyinggung tentang pemisahan gelombang elektromagnetik dalam sebuah ilustrasi medan listrik pada konduktor tertutup. Lalu bagaimana medan listrik bisa bervareasi karena gerakan muatan postip dan negatip tersebut ?

Jalur Medan Listrik

Setelah mengamati gambar  peraga diatas dengan 1 gerakan jalur medan listrik, maka terlihat muka gelombag terbentuk pada saat ekspansi 0 (nol) dan akan berubah bentuk setelah 1/8 periode waktu. Hal ini disebabkan oleh percepatan atau perlambatan muatan yang dihasilkan medan listrik dengan beberapa efek memori. Artinya medan listrik lama tidak mudah menyesuaikan dengan kondisi baru.

Untuk pemahaman lebih jelas lagi, kita perlu meluangkan waktu untuk memahami Efek Memori medan listrik atau pembentukan gulungan dari percepatan atau perlambatan muatan. Alinea diatas adalah bentuk gelombang setelah seperdelapan waktu. lalu bagaimana bentuknya setelah 1/4 waktu?

Kita asumsikan yang sama dengan analis alinea 1/8 waktu, maka kita bisa melihat bahwa pada seperempat periode waktu ini ujung gelombang akan bertemu pada satu titik. Setelah itu pemisahan dan rambatan muka gelombang terjadi. Harap diingat bahwa medan listrik yang bervariasi ini akan secara otomatis menghasilkan medan magnet yang bervariasi dan tegak lurus dengannya.


Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment