fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Cara Membuat Antena Yagi Yang Baik dan Benar - Jika satu pepatah mengatakan bahwa bila tak kenal maka tak sayang untuk satu motivasi persahabatan. Maka akan berlaku pula bagi motivasi kita dalam pembuatan antena yagi ini, yakni mengenal dulu Apa Itu Antena Yagi?

Cara Membuat Antena Yagi

Pada dunia amatir antena YAGI cukup dikenal dan populer. Keiinginan memiliki Antena Yagi atau bahkan membuat sendiri Antena Yagi timbul ketika masa senang-senangnya brik-brikan terutama balapan. Ketika kalah balapan karena antena Omni, maka antena Yagi menjadi pilihan (pakai banget inginnya).

Sesuai namanya yang agak ke Japon-an, maka Antena Yagi pertama kali dibuat oleh Hidetsugu Yagi. Hidetsugu Yagi adalah insinyur listrik Jepang dari Osaka, Jepang. Ketika bekerja di Universitas Tohoku, ia menulis beberapa artikel yang memperkenalkan antena baru yang dirancang oleh rekannya Shintaro Uda ke dunia dalam bahasa Inggris.
Antena Yagi
Seperti kita ketahui bahwa Antena Yagi adalah salah satu jenis antena radio atau televisi yang bersifat direksional. Direksional yaitu mempokuskan signal (gain) pada satu arah (titik), yakni sisi antena yang berada di belakang reflektor memiliki gain yang lebih kecil daripada di depan direktor.

Fungsi Antena pada umumnya adalah untuk mengirim atau menerima sinyal. Antena dibuat dengan berbagai bentuk sesuai dengan fungsi dan penerapannya. Jenis dan bentuk antena sangat beragam seperti jenis Antena Dipole, Dish Antena (parabola), Omni Directional, Antena Teleskopik, Antena Pengarah (Yagi) bahkan ada rekan yang kreatip hingga bisa membuat Antena Wajan.
Bagian Bagian Antena Yagi
Antena Yagi memiliki bagian-bagian yakni Direktor, Driven Elemen, dan Reflektor. Kettika Antena Yagi bertugas sebagai pemancar sinyal, maka sinyal akan merambat ke depan dari driven element direpleksikan oleh Element Reflektor menuju direktor (desired direction). Ketika sinyal dipancarkan 0 db maka sudut sinyal akan membesar. 

Namun pada sinyal 3 db sudut sinyal akan semakin mengecil, hingga pada 6 db sudut sinyal akan semakin mengerucut kedepan. Artinya ketika db-nya semakin besar, maka sinyal yang dipancarkan akan semakin jauh hal ini karena disebabkan sudut pancaran yang semakin pokus (kecil). Kita lihat tabel dibawah dari pola radiasi Antena Yagi.

Tabel Sinyal Pancaran antena Yagi
Dalam banyak kasus pola radiasi yaitu berdasarkan ruang far, field dan dinyatakan dalam fungsi arah kordinat. Representasi pola radiasi dari suatu antena memiliki beberapa lobes. Arah pancaran utama ditentukan dari main lobe.

Lobe utama (main lobe) adalah pancaran utama dari polaradiasi suatu antena. Lobe sisi (side lobes) adalah pancaran"pancaran kecil yang dekat dengan pancaran utama dari pola radiasi antena. Lobe belakang (back lobe) adalah pancaran yang letaknya berlawanan dengan pancaran utama dari pola radiasi antena.


Next >>> Pembuatan Antena Yagi Sendiri
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar