-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Di RAPI 27 Mhz Komunikasi Jarak Jauh Om Odol JZ27XD dengan JZ30TDF - Ngenes itu adalah ketika balun antena saya jatuh dari konektornya pada rangkaian antenna Long Wire 11 meter Band saya. Ketahuan ketika radio ICOM 718-HF saya tidak bisa transmit (jebol tr final-nya). Maklum antena rakitan sendiri dengan target pembuatan "cepat dipergunakan". Kalaupun demikian pembuatan tetap pada kaidah ukuran yang berlaku untuk 11 Meter Band, hanya mungkin konektivitas sambungan antena tidak terlalu baik.

Di RAPI 27 Mhz Komunikasi Jarak Jauh Om Odol JZ27XD dengan JZ30TDF

Sebenarnya artikel ini cuma review percakapan saudara kita di RAPI pada frekuensi 27Mhz bulan April 2018. Yakni komunikasi radio tetangga saya - senior saya Edi Sutanto JZ27XD dari kota Serui dengan Elly Soepriyadie JZ30TDF dari kota Tanggerang. Kalau tidak dengan Radio CB, maka komunikasi DX secara langsung ini tak akan mungkin bisa terlaksana karena jarak yang begitu jauh dari Serui Papua ke Tanggerang Jawa Barat.

Melihat kebelakang mengenai Sejarah Radio Citizen Band (CB) ini.

Radio CB (CBX) yang berasal dan terkenal di Amerika Serikat ini bekerja pada band frekuensi 26,968 -27,405 Mhz  Pada tahun 1958 secara resmi CBX ini telah dilegalisir penggunaannya sebagai alat komunikasi radio antar penduduk dan bernaung dibawah organisasi Federal Communications Commission (FCC) yang diemban tugas untuk menangani pengendalian dan pembinaan para penggemarnya yang semakin banyak di masyarakat luas. Lebih lanjut silahkan dibaca link diatas.


Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment