fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Penjelasan Singkat Sistem Kerja Televisi Satelit - Siaran televisi bisa sampai ke Kepulauan Yapen atau tepatnya di kota Serui jelas melalui siaran televisi satelit. Karena bila kita mengandalkan siaran UHF atau VHF jelas tak mungkin. Bukan bagian pulau terluar namun mungkin karena Serui adalah cuma kota kecil hingga untuk pembangunan repeater televisi UHF/VHF biayanya tidak sebanding dengan target pemasaran. 

Penjelasan Singkat Sistem Kerja Televisi Satelit

Abaikan saja masalah diatas karena dengan Siaran Televisi Satelit, kita penghuni kota Serui sudah merasa cukup. Ada banyak tracking parabola demi siaran-siaran favorit di televisi kesukaan. Cara Tracking Parabola Cband atau KuBand telah saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya. Bagi anda yang suka Tracking Parabola silahkan untuk diacak-acak artikel web Rapi Serui ini dengan membuka kotak Pencarian memakai kata kunci Tracking Parabola.

Pada Penjelasan Singkat Sistem Kerja Televisi Satelit saya akan mengeksplorasi cara kerja TV Satelit dan menyinggung bagaimana Satelit telah begitu banyak merevolusi cara hidup manusia. Dan seperti kita ketahui bahwa begitu banyak aliran uang yang mengalir untuk bisnis penyiaran ini.

Untuk memahami Siaran Televisi Satelit dengan benar diperlukan pengetahuan dasar dari bagian-bagian satelit dan tentunya bagaimana suatu satelit bergerak?

Hukum alam berbunyi bahwa bumi berputar mengelilingi matahari dengan orbit elips. Dan bumi juga berputar pada porosnya sendiri. Kita bisa melihat bahwa sumbu bumi tidak tegak lurus pada permukaan orbit elips, akan tetapi sedikit condong.

Agar Televisi Satelit berfungsi, satelit seharus tidak bergerak relative ke rumah kita. Ini berati bahwa satelit harus berputar dengan kecepatan yang sama dengan bumi. Yang berarti akan membutuhkan 24 jam untuk menyelesaikan satu siklus. Penjelasan lebih detail tentang ini akan kita bahas tersendiri.

Satelit Orbiter

Energi yang dibutuhkan untuk kerja satelit sebagian besar disupply dari panel surya. Namun jika satelit tidak lagi menghadap matahari (cuaca mendung atau malam hari) maka paket  baterai akan membantu untuk melanjutkan operasinya.

Sangat menarik untuk diketahui bahwa satelit memiliki mesin kecil yang disebut THRUSTER. Medan garvitasi yang dialami oleh satelit tidak seragam ini disebabkan karena ketidakteraturan pada permukaan bumi, kehadiran bulan dan matahari.

THRUSTER menghasilkan kekuatan yang sangat kecil untuk selalu menjaga orientasi dan posisi satelit untuk tetap benar. Bagian terpenting dari satelit untuk keperluan komunikasi adalah adanya alat yang disebut TRANSPONDER.

Transponder ini menerima sinyal dari stasiun pangkalan pada satu frekuensi yang memperkuat daya sinyal dan menghilangkan noise juga mengirimkan kembali ke bumi pada frekuensi yang berbeda. Dan di bumi kita menerimanya dengan parabola.
Baca Juga
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life
SHARE

Related Posts

Comment Policy :

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang ... Comment Policy

Buka Komentar

Post a comment

#Lawan_Covid-19

Sticky Ads