-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Rangkuman Belajar Dasar Elektronika - Rangkuman ini tidak berarti kita sudah habis tema dalam mempelajari dasar elektronika ini. Namun setidaknya, pembaca yang baru saja menemukan web Rapi Serui ini bisa admin antarkan via link pada artikel terdahulu yang entah sekarang nyungseb dimana karena sudah begitu banyak artikel dengan tema "Belajar Dasar Elektronika" dengan berbagai macam judul.

Rangkuman Belajar Dasar Elektronika

Kenapa admin rangkum tentang Belajar Elektronika Dasar ini? Alasan pertama sudah jelas ada di alinea pertama. Lalu alasan keduanya, bila kita memang serius terjun dibidang eletronika ini betapa begitu pentingnya mengetahui dasar-dasar menggunakan suatu alat atau komponen elektronikanya. Jangan sampai kesalahan kecil berimbas pada jatuhnya bendera atau panji kita sebagai tukang serpis elektronika profesional.

Bagi anda yang memang bertujuan Belajar Dasar Elektronika secara serius silahkan dibuka postingan terdahulu. Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa saya akan menggiring anda pada tulisan-tulisan terkait mengenai tetek-bengek dunia elektronika ini. Sekali lagi silahkan dibaca dahulu;

- Belajar Dasar Elektronika
- Komponen Dasar Elektronika

Kita lanjut pada tema Belajar Dasar Elektronika. Mari Gan kita bahas sedikit penjelasan mengenai Dasar Listrik. Bicara mengenai listrik tak akan luput dari seputar Tegangan dan Arus. Tegangan atau kita sebut dengan Volt, sedangkan Arus kita sebut dengan nilai satuan Ampere.

Sebelum kita bisa membuat sistem pengenali alat/ alat monitoring, membuat robot ataupun alat yang bisa mempermudah kehidupan kita sebaiknya kita lebih dahulu mengetahui komponen dasar hingga kita bisa menjawab sendiri pertanyaan yang timbul "Dari Bahan Apa Mereka dibuat?".

Sirkuit Listrik
Kumpulan komponen sebuah alat terhimpun pada sirkuit kelistrikan atau sering kita sebut Papan Tercetak - PCB (Printed Circuit Board) yang membentuk suatu rangkaian. Biasanya kelistrikan ini terhubung oleh kabel konduktor atau kawat. Ada 2 julukan untuk sistem sirkuit yakni Closed Circuit dan Open Circuit.

Closed Circuit and Open Circuit
Ketika suatu rangkaian elektronika terpasang lengkap dan membentuk suatu lingkaran yang memungkinkan arus listrik mengalir, maka sirkuit ini dsebut Closed Circuit. Dan apabila rangkaian ini tidak utuh artinya ada blok yang terputus hingga bukan lagi suatu lingkaran rangkaian hingga listrik tidak bisa mengalir, maka rangkaian ini disebut Open Circuit.

Rangkaian Seri dan Paralel
Hal ini sudah kita ketahui sejak kita duduk dibangku SMP bahkan mungkin pada mata pelajaran Fisika SD juga pernah dibahas. Rangkaian Seri dan Paralel bisa diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari misalnya mengisi baterai pada lampu senter, pemasangan lampu rumah dan lain sebagainya.

Rangkaian Seri

Rangkaian Seri adalah rangkaian yang semua bagian-bagiannya dihubungkan secara berurutan atau berderetan. Sedangkan Rangkaian Paralel adalah sebuah rangkaian yang cara menghubungkannya dengan cara sejajar atau bercabang.

Rangkaian Paralel

Komponen Dasar Elektronika
Bisa jadi komponen-komponen yang membentuk televisi yang biasa kita tonton sehari-hari ini tampak sederhana. Namun dalam kesederhanaan itu terkandung fungsi yang sangat penting pada televisi kita atau alat elektronika lainnya. Misalkan pada TV, sebuah Resistor, Elko, Transistor atau komponen lainnya membentuk kerjasama yang bisa menghasilkan gambar yang singkron. Atau si penyanyi yang tampil pada kaca monitor tv kita itu bisa kedengaran suaranya lantaran adanya komponen tadi. 
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment