-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Apa itu Enkripsi dan Dekripsi ? - Sebagian besar enkripsi yang dilakukan secara online disebut enkripsi ujung ke ujung. Enkripsi ujung ke ujung berarti enkripsi dan dekripsi dilakukan di ujung koneksi: pada klien dan server, atau pada kedua rekan dari koneksi peer-to-peer. Ini berbeda dengan enkripsi link-layer, di mana enkripsi berpotensi dilakukan hanya pada satu bagian koneksi - seperti tautan nirkabel.

Apa itu Enkripsi dan Dekripsi ?

Telah saya singgung di bagian pertama bahasan Enkripsi dan Dekripsi ini bahwa dalam sebuah komunikasi seluler, data yang dikirim ke menara seluler dilakukan secara "di-ENKRIPSI". Pada bahasan kali ini kita akan bahas secara terperinci agar kita tahu bagaimana operasi enkripsi yang sangat penting ini dilakukan.

Apa itu Enkripsi?

Balik pada bahasan yang lampau tentang Dasar HTML. Ketika kita Mengenal TAG Sebagai Dasar Bahasa HTML, maka  sebuah "kata HTML" akan menampilkan wujud yang terintegerasi dalam mesin penelusuran internet ketika adanya proses pengubahan ini dalam format ASCII.

Apa itu Enkripsi?

Enkripsi adalah sebuah proses pengubahan Teks Biasa menjadi Teks Sandi yang diolah kedalam format ASCII dengan menambahakan 1 digit angka sebagai kunci enkripsi. Kita contohkan pada satu kata "HELLO", H  =  072 E  =  069 L  =  076 L  =  076 O =  079 + 1 (kunci). Hanya penerima yang dapat mengetahui kunci ini hingga ia mampu mendekripsi pesan. Sementara seorang penyusup tidak akan bisa melakukannya.

Deklarasi diatas kita anggap sebuah dokumen rahasia negara yang dikunci dalam koper sebelum mengirimkannya ke tempat tujuan. Pencuri atau katakanlah kurir pengiriman tidak dapat mengakses dokumen, hanya penerima yang memiliki kunci koper yang akan bisa membukannya.

Pusat distribusi kunci yang bisa diandalkan/dipercaya adalah bagian yang bertanggung-jawab untuk memindahkan kunci dari pengirim ke penerima. Jika penerima menggunakan kunci yang sama untuk membuka koper maka ini disebut Enkripsi Simetris. Namun jika kunci pembuka berbeda dengan kunci penutup maka hal ini dinamakan Enkripsi Asimetris.

Apa yang terjadi bila kunci ini dicuri/diretas ?

Next >>> Merancang Penguncian Enkripsi dengan Cerdas
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar