-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Belajar Ngeblog (Blogging) Ngutang Pulsa hingga Cinta Sejati - Pada awalnya tak terpikirkan untuk mempunyai blog sendiri, karena berselancar di dunia internet sebatas mencari tutorial-tutorial yang membahas seputar elektronika. Permasalahan yang dijumpai di tempat kerja, membuka sekaligus mencari solusinya di google. Mbah Google ini memang segala bisa termasuk urusan serpis elektronika....heu.

Belajar Ngeblog Ngutang Pulsa hingga Cinta Sejati

Judulnya memang agak sedikit ekstrim Belajar Ngeblog (Blogging) Ngutang Pulsa hingga Cinta Sejati. Tapi betul bos, dulu ketika kita awal belajar ngeblog belum ada layanan internet semacam Speedy atau Indihome. Blogging merambah internet hanya mengandalkan modem flash telkom yang pulsanya hasil ngutang. Dibayar tiap bulan ke warung, atau bila pas gak punya uang dibayar doble bulan depannya.

Tulisan lepas ini sekedar cerita biasa, jika memang tidak ada manfaatnya silahkan untuk ditinggalkan saja. Namun tetap saya anggap perlu diungkap dan dipublish momen ini karena memang semua ini menjadi kenangan terindah bagi admin. Betul, tadinya saya sama sekali buta terhadap seluk beluk dunia blogging ini. Namun lambat laun ada ketertarikan untuk bisa memiliki blog sendiri.

Pertama kali punya blog adalah Cinta Deras https://deras84.blogspot.com. Mungkin karena di tahun 1984 itu deras-deras-nya admin punya cinta terhadap 'sang pemilik cinta pertama" hingga banyak di blog tersebut tulisan-tulisan saya yang tidak bermakna tentang cinta. Blog Cinta Deras ini saya anggap "Pos dan Giro" untuk surat-surat cinta saya terhadapnya.

Entah sudah berjalan berapa tahun mengelola blog Cinta Deras tsb. suatu saat tragedi datang, hp beserta dompet-dompetnya digondol maling berikut peranti ngeblog. Email juga pasword untuk login saya simpan di catatan di file dokumen peranti tsb. Sialnya saya juga lupa pasword untuk masuk ke akun blog tsb.hingga sampai detik ini blog tsb.terbengkalai.

Blogging yang tadinya sekedar iseng, timbul hasrat untuk lebigh serius. Belajar Ngeblog pun diperketat dengan banyak membaca tutorial blogging dan sedikit membaca SEO. Hingga ditahun kekosongan tanpa menulis di blog, saya beranikan lagi untuk membuat blog. Maka lahirlah Blog Er'end Net.  Di Blog inipun cuma bertahan beberapa tahun saja, karena kesibukan kerja Offline. Terbengkalai cukup lama, namun di masa pandemi corona 2020 ini hasrat untuk curat-coret muncul kembali. Blog Er'end Net saya migrasi ke Rapi Serui dot com.

Senang rasanya masih bisa bertemu sobat lama, seperti Mang Lembu di Desa Cilembu. Bahagia pula bisa kenal dengan Kang Ady Suryadi di Kompi Ajaib. Untuk blogging yang lebih serius saya mencoba membeli template Premium Kompi Flexible V8.50 Non Amp. Waktu domain net -lah template dari Kang Adhy ini saya pakai. Namun seiring dengan perubahan zaman, berubah pula pemakaian template. Sekarang domain baru com ini saya mencoba template hasil karya Igniel yakni Igniplex.

Ada hal menarik dari Belajar Ngeblog, blogging hingga berhasil mendapatkan julukan Blogger. Yakni dengan Blogging membuat kita lebih pintar. Bagaiman tidak, banyak hal baru yang kita temukan dengan Blogging ini, hingga hal baru tersebut menjadi sebuah pengetahuan yang disimpan di otak ditulis lagi di blog hingga kita betul-betul paham dengan hal baru tsb.

Happy Blogging ! (Pinjem bahasanya Iskarjuki dot com).
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment