-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Contoh Enkripsi Algoritma RSA - Ini adalah implementasi algoritma kriptografi rsa untuk enkripsi dan dekripsi, dimana kita bisa membangun sebuah sitem keamanan dunia digital dengan cerdas. Namun sebelum kita melanjutkan kepada bahasan pokok, alangkah baiknya anda baca dulu artikel mengenai  Perancangan Penguncian Enkripsi dan Dekripsi postingan terdahulu.

Contoh Enkripsi Algoritma RSA

Sekarang mari kita lihat satu properti khusus yang ada pada pengunci baru. Kita sudah melihat bahwa pengunci ditutup dengan kunci publik dan hanya bisa dibuka dengan kunci pribadi yang sesuai. Pertanyaannya..., bisakah dua kunci ini memiliki bentuk acak? Kalaupun bentuk kunci ini ada dipastikan tidak akan bisa berbentuk acak. Bentuk kunci harus terhubung dengan suatu cara, misalkan dengan menambahkan tooth ektra pada pada kunci penghubung.

Sama halnya pada dunia digital, tombol yang kita lihat sebelumnya harus terhubung atau algoritma tidak akan berfungsi. Hubungan yang efisien antara tombol-tombol ini adalah bahwa mereka berasal dari produk dua bilangan prima. Dalam contoh sebelumnya bahwa kunci publik milik Bob sebenarnya adalah penggandaan dua bilangan prima (3X11=33). Kunci pribadi Bob (3) adalah salah-satu faktor publik ini.

Algoritma RSA

Algoritma yang telah kita lihat hanyalah salah-satu perwakilan saja. Dalam algoritma aktual, bilangan prima tidak secara langsung digunakan untuk menghasilkan kunci publik dan kunci pribadi. Algoritma populer yang digunakan Metode Private Publik disebut RSA (Rivest-Shamir-Adleman). Lihat peraga dibawah ini ketika RSA menggunakan dua bilangan prima untuk menghasilkan kunci pribadi dan publik.

Let us take Prime number p=3 dan q=11
                                           n = pq = 33
our totient function = (p-1).(q-1) = 2X10 = 20 = ϕ(n)
choose an encryption key e,such that gdc (e,ϕ(n)) = 1 gdc (3,20)=1
Publik key=3

Shuch that (3Xd) modulus 20 = 1
3xd = minimum (21)
d=21/3=7
Private key=7
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar