fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Copyscape Seirama Dengan Google Search Console tool Untuk Optimasi Blog - Judulnya agak sedikit susah karena terus-terang saya bukan penulis yang handal. Yang pasti pokok bahasan kali ini adalah seputar Optimasi Blog untuk kesehatan blog dan SEO Blog. Sehat dan SEO berarti blog yang kita miliki bebas dari komplik duplikat konten.

Copyscape Seirama Dengan Google Search Console tool Untuk Optimasi Blog

Seorang blogger sejati tentunya tidak akan ikhlas bila disebut Plagiarism, meskipun blogger sekelas admin Web Rapi Serui untuk tulisannya - disamping hasil dari pengalaman pribadi namun banyak mengambil rujukan juga dari wikipedia, youtube dan sumber terpercaya lainnya.

Ikhlas tidak ikhlas bila pada kenyataannya artikel atau konten-konten blog/website kita masih saja terdekteksi adanya duplikat konten. Meskipun kita bukan seorang copaser namun bila membuka Google Search Console tool dari 800 artikel yang ada, 96 buah artikel sisanya adalah duplikat konten yang masuk pada kategori artikel yang perlu "penyempurnaan".

Bila melihat pada kasus blog ini penyebab adanya duplikat konten karena saya mengaktifkan widget Arsip Blog atau bisa jadi karena Meta Tag yang tak tepat. Yang pasti URL yang termasuk duplikat konten adalah terdapat pada Data Web Inti seperti URL yang berakhiran html?m=1, contohnya seperti URL dibawah ini;

- https://www.rapiserui.com/2015/10/daftar-callsign-rapi-wilayah-8-yapen.html?m=1
- https://www.rapiserui.com/2017/09/mic-connector-radio-rig-alinco-dr-135.html?m=1
- https://www.rapiserui.com/2017/08/emut-bae-ka-salira.html?m=1

Untuk mengatasinya memang sangatlah mudah karena kita cukup dengan menghapus URL bermasalah tsb.pada Google Search Console tadi di kolom Penghapusan URL.

Remoe URL Bermaslah

Apa itu Copyscape ?

Copyscape Plagiarism Checker - Duplicate Content Detection Software adalah layanan pendeteksi plagiarisme daring yang memeriksa apakah konten teks serupa atau konten modifikasi dari aslinya yang muncul di tempat lain di web. Copyscape mulai diluncurkan pada tahun 2004 oleh Indigo Stream Technologies, Ltd.

Kenapa Duplikat Konten menjadi momok yang menyebalkan bagi blogger? Mungkin 6 gelas kopi dan 3 bungkus rokok habis dalam semalam tak akan seberapa berarti demi sebuah konten yang bermutu. Namun bila pengorbanan tadi akan begitu tak berartinya juga ketika sebuah konten artikel tsb.sudah jadi berpinah tempat di web lain.

Google sendiri menyatakan bahaya bila adanya konten duplikat. Hal ini akan berdampak pada kualitas blog kita dimata Google. Susahnya artikel kita menempatan posisi teratas pada mesin pencariannya, lebih fatal lagi konten/artikel kita didepak dari google.
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment