fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Google Doodle Subak Bali - Apa itu Google Doodle? Simple saja bahwa itu adalah logo sementara atau logo khusus yang ditampilkan pada hari peringatan, acara, prestasi, atau sosok sejarawan terkemuka ketika kita membuka mesin pencarian Google. Dua hari ini kita melihat doodle google ini dengan sebuah gambar hamparan hijau sawah dengan seorang petani yang tengah duduk disaungsawah tersebut. Setelah saya cek ke tkp ternyata google tengah merayakan Subak Bali.

Google Doodle Subak Bali
Tautan ke gambar doodle: Google Punya Acara

Pada tahun 2012 Subak Bali diakui Unesco sebagai World Heritage (Situs Warisan Dunia).Begitu banyak perhatian Google terhadap budaya warisan dunia, tidak sampai disitu untuk seorang seniman ternama seperti Chrisye-pun  pada bulan April yang lalu ada di Doodle Google. Ya kita sebagai warga bangsa yang kita cintai ini patut berbangga dengan budaya pengairan Subak Bali  (irigasi) ini.

Lalu Apa itu Subak Bali? 

Subak adalah sistem pola pengairan tradisional yang ada di Bali. Pola pengairan ini begitu sangat penting karena menunjang kehidupan sawah-sawah yang ada di Bali. Dimana sawah-sawah ini terhampar luas dengan tanaman padi yang tertata begitu rapi dan punya pemandangan yang cukup indah.

Subak Bali Doodle

Subak lebih jelasnya digambarkan oleh Wikipedia sebagai suatu  organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi) yang digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali, Indonesia. Subak pada umumnya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para pemilik lahan dan petani.

Pura tersebut diperuntukkan bagi Dewi Sri, yaitu dewi kemakmuran dan kesuburan menurut kepercayaan masyarakat Bali. Sistem irigasi ini diatur oleh seorang pemuka adat (Pekaseh) yang juga adalah seorang petani di Bali. Subak ini sudah diterapkan oleh masyarakat Bali sejak abad ke-11. Sistem subak menjamin pembagian air secara adil.
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Posting Komentar