fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic - Seperti kita ketahui bahwa setiap hasil rekayasa teknologi memiliki kelebihan serta kekurangannya, begitu pula keuntungan juga kerugiannya. Tak terkecuali pada Sitem Transmisi Serat Optik. Selain harga kabel serat optik yang cukup mahal, ada alasan lain yang perlu kita ketahui dari segi hal teknis.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optic - Sitem Transmisi Serat Optik

Keuntungan sekaligus Kelebihan dari Sitem Transmisi Serat Optik ini adalah memiliki lebar pita frekuensi atau bandwidth yang besar, sehingga punya kemampuan membawa data dengan bite rate yang sangat tinggi. Kabel Serat Optik ini kebal terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, artinya kabel ini mampu menangkis segala gangguan dari sistem komunikasi lain.

Disamping itu kabel serat optik ini memiliki juga redaman yang sangat kecil sehingga sangat tepat bila digunakan sebagai sarana komunikasi jarak jauh. Kontruksi fisik kabel serat optik yang sangat kecil memungkinkan penghematan tempat (space).

Kerugian serta sekaligus Kekuragan kabel serat optik adalah tidak punya kemampuan untuk menyalurkan (arus) energi listrik, sehingga bila diperlukan pancar ulang harus disupply secara lokal atau secara remote dengan menggunakan kabel tembaga yang terpisah.

Selain itu pancaran energi yang berada pada sinar infra red bisa membutakan mata. Dengan kontruksi fisik kabel serat optik yang sangat kecil ini kerugiannya jelas mudah patah atau rapuh. Sehingga perlu penanganan dengan sangat hati-hati.

Penggunaan Sistem Transmisi Serat Optik - Hingga saat ini serat optik banyak digunakan sebagai penghubung perangkat-perangkat serat optik yang mempunyai kapasitas besar yakni MSOAN, MSAN, GPon, Metro Ethernet, DWDM dan ASON. Sedangkan fungsi perangkat-perangkat tersebut adalah untuk membentuk konfigurasi jaringan seperti transmisi akses IP Dslam, Msoan, Msan dan Gpon. Transmisi regional SDH dan Metro Ethernet dan transmisi Backbone SDH DWDM dan ASON.

Perlu kita ketahui bahwa dalam penggunaan sistem transmisi serat optik ini terdapat 3 alternatif  sistem teknologi komunikasi yang ditawarkan, yakni :
1. SDM (Space Division Mutiplexing)
2. WDM (Wavelength Division Multiplexing)
3. TCM ( Time Compression Multiplexing)
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar