-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Lasiyo Sang Profesor Pisang - Pohon juga buah Pisang menjadi pokok bahasan yang menarik karena dari Pisang ini tidak menyisakan bagian yang tidak bisa diolah atau dimanfaatkan. Seperti halnya Kelapa yang dari akar hingga ke pucuk daunnya bisa dimanfaatkan. Tak heran bila Tunas Kelapa dijadikan Lambang Pramuka.

Lasiyo Sang Profesor Pisang

Pisang menjadi coretan inspiratif apabila diolah juga dimanfaatkan dengan benar. Bukan tidak mungkin bila saatnya kita pensiun nanti menjadi bahan inspiratif kesuksesan buat kampung sendiri ketika kita memilih menjadi petani pisang seperti Lasiyo Sang Profesor Pisang asal Dusun Ponggok Bantul Jawa Tengah ini.

Pisang adalah buah yang sangat lekat dengan kehidupan. Pisang begitu populer diantara buah karena pisang bisa dikonsumsi oleh segala usia mulai anak-anak hingga orang tua. Selain itu tanaman pisang mudah dijumpai,pada pekarangan rumah yang sempit saja pohon ini bisa tumbuh dengan subur tanpa perawatan yang rumit.
Pisang Toro Jowo Pitedae Gedang
Pisang Muli,satu jenis pisang yang paling Admin Sukai
Seperti kita ketahui bahwa Pisang merupakan salah-satu komoditas pertanian yang lalu lintas perdangannya sangat tinggi, tidak heran jika kemudian nilai ekonomi dari pisang ini banyak memikat para petani. Seperti Lasiyo, seorang petani asal Kabupaten Bantul Yogyakarta ini punya perhatian khusus pada Pisang.

Lasiyo terlihat layaknya Petani Pisang pada umumnya, namun ternyata ia sangat berbeda. Pria kelahiran tahun 1955 ini punya segudang pengetahuan tentang tanaman pisang, sehingga Lasiyo-pun dijuluki sebagai Profesor Pisang.

Filosofi yang terkandung pada pohon pisang seperti penuturan Lasiyo adalah "Pisang Toro Jowo Pitedae Gedang", artinya bila induk pohon pisang ini akan mati dia selalu meninggalkan anaknya/tunas yang banyak. Sebagai buah yang lekat dengan kehidupan, pisang seakan membawa pesan hidup agar ia selalu membudidayakan tanaman ini.

Cerita lebih banyak tentang Lasiyo Sang Profesor Pisang ini, bisa anda putar video-nya pada link berikut dibawah ini;

-https://www.youtube.com/watch?v=LmvQgMlRMwc
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar