-->
fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengenal Enkripsi dan Dekripsi - Pengguna Whatsapp tentunya tidak asing dengan tulisan yang seringkali muncul seperti ini "Messages to this chat and calls are now secured with end-to-the encryption. Tap for more info" Kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan kurang-lebih seperti berikut "Pesan untuk obrolan ini dan panggilan sekarang diamankan dengan enkripsi end-to-the. Ketuk untuk info lebih lanjut".

Mengenal Enkripsi dan Dekripsi

Kata teknik Enkripsi dan Dekripsi sering kali kita dengar ataupun seringkali kita baca dalam kehidupan sehari-hari. Namun dibalik itu semua, kita tak tahu apa yang dimaksudkan diatas bila kita tidak berusaha untuk mengenalnya. Apa itu Enkripsi dan Dekripsi, lalu fungsinya, bagaimana cara kerjanya dan mengapa enkripsi diperlukan?

Di kehidupan sehari-hari kita tidak bisa dilepaskan dari gadget ataupun ponsel, ketika kita hidup berjauhan dengan keluarga maka ponsel inilah satu-satunya alat yang bisa menghapus kerinduan kita terhadap keluarga yang ada dikampung sana. Silaturahmi dengan cara telponan ataupun chatingan (kirim pesan). Lalu bagaimana caranya "pesan" yang kita tulis untuk keluarga tsb.bisa sampai pada tujuannya?

Seperti kita ketahui bahwa pesan kita dikirim lewat internet dengan layanan penyedia internet lokal. Penyedia internet lokal ini berkomunikasi dengan penyedia layanan jaringan internet regional, diikuti oleh penyedia layanan jaringan hingga pesan kita bisa sampai ketujuan akhir.

Dalam hal ini data bergerak dalam 1 paket dan dapat melewatai jalur apapun melalui router yang berbeda untuk mencapai tujuan. Anggap saja ISP dan NSP menyambungkan pesan yang kita tulis tadi tanpa "mengintip untuk membacanya".

Ketika kita terhubung ke hotspot wifi di toko, restoran atau hotel, kita harus tahu bahwa siapapun yang meng-instal hotspot wifi tidak dapat melihat apa yang kita jelajahi. Pada brouser kita akan melihat awalan HTTP atau HTTPS yang ditampilkan pada alamat URL-nya.

HTTPS - HTTP ini adalah protokol internet untuk berkomunikasi, dan pembeda (S) menyatakan bahwa komunikasi anda aman. Di draft blogger sendiri kita punya setelan untuk mengaktifkan HTTPS ini. Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS akan memungkinkan pengunjung melihat blog Anda melalui sambungan yang dienkripsi dengan membuka https://www.rapiserui.com.

Jika Pengalihan HTTPS diaktifkan: Pengunjung blog akan selalu membuka https://www.rapiserui.com 
Jika Pengalihan HTTPS dinonaktifkan: Pengunjung yang membuka http://www.rapiserui.com akan dilayani melalui sambungan yang tidak dienkripsi, yakni HTTP. Pengunjung yang membuka https://www.rapiserui.com akan dilayani melalui sambungan yang dienkripsi, yakni HTTPS.

Ketika kita memilih jalur komunikasi aman yakni HTTPS, maka penyedia jalur akses tidak dapat mengetahui apapun selain dari yang telah kita akses disitus ini. Mereka tidak akan melihat informasi LOGIN kita, halaman mana yang kita lihat atau apapun penelusuran kita, karena semua itu dienkripsi. Seperti halnya dalam komunikasi seluler, data yang masuk ke menara seluler biasanya dienkripsi.

- Next pada bagian ke-2 >>> Apa itu Enkripsi dan Dekripsi serta bagaimana prosesnya ?
Artikel Terkait
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar

Post a comment