fLWeAsNtTDyJ8LBwFzvbLJXLfZMxZVmQ7RFnAnMp
Mengenal Perbedaan Ampere Volt dan Watt - Dalam peralatan elektronika ataupun elektrik seringkali kita jumpai karakteristik atau spesifikasi dari alat-alat tersebut. Misalkan spek yang terdapat pada catu daya atau alat charger ponsel yang kita miliki. Distu tertulis kapsitas alat yang ditulis dengan Volt, kemampuan  alat yang ditunjukan oleh nilai Ampere dan Watt. Lalu apa perbedaan Ampere Volt dan Watt tersebut?

 Mengenal Perbedaan Ampere Volt dan Watt

Menjawab pertanyaan alinea diatas, akan ada banyak jawaban yang akan sedikit rumit bila kita kupas habis dengan penjelasan beserta rumusnya. Kita masukan saja hal ini sebagai pengenalan dasar tentang listrik/elektronika dengan pokok bahasan sederhana menggunakan analogi pada benda yang ada disekitar kita yakni air.

Kita anggap saja listrik itu air yang mengalir melalui media pipa. Ampere akan menjadi volume air yang mengalir melalui pipa. Tekanan air akan menjadi tegangan (Voltage). Watts akan menjadi kekuatan (volts x amp) yang dapat disediakan air (pikirkan kembali ke masa lalu ketika air digunakan untuk menjalankan turbin listrik). Maka dengan analogi ini, definisi di bawah ini untuk amp, volt dan watt harus lebih mudah dipahami:

Ampere - amp adalah satuan untuk mengukur listrik. Unit standar yang diterima digunakan untuk mengukur seberapa cepat arus listrik mengalir adalah contoh ampere.

Volt - unit dasar gaya gerak listrik dalam sistem SI dan MKS, sama dengan gaya gerak listrik, atau perbedaan potensial, yang menyebabkan arus satu ampere mengalir melalui konduktor yang memiliki resistansi satu ohm.

Watt - unit dasar tenaga listrik, mekanik, atau termal dalam sistem SI dan MKS, sama dengan satu joule per detik atau 10 erg per detik (tenaga kuda): untuk daya listrik sama dengan satu volt-ampere.

Kembali ke analogi kami; listrik adalah aliran (seperti air) elektron melalui konduktor seperti kawat. Laju aliran listrik diukur sebagai arus listrik. Arus listrik diukur dalam amp. Apa yang membuat arus mengalir? Dalam analogi air kita, kita dapat mengatakan bahwa baterai adalah pompa yang membuat aliran air yang menciptakan tekanan dalam pipa. Tekanannya adalah tegangan. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya watt adalah kekuatan yang bisa diberikan air (seperti roda gilingan). Watt adalah ukuran seberapa besar daya yang dilepaskan setiap detik.

Kami harap Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara amp, volt dan watt.

Sumber : Youtube
Related Posts
Endang Aep Saefulah
Radio and Electronics it's my life

Related Posts

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Baca lebih lanjut tentang Comment Policy
Buka Komentar